Kenali Gejala Terinveksi Covid-19 Pada Orang yang Sudah Divaksin

122
Pencetus terbesar rasa takut: ketidaktahuan atau memproses informasi yang keliru.

Jakarta, Muslim Obsession – Bagi yang sudah divaksin tak lantas sepenuhnya bebas dari Covid-19. Risiko terpapar virus ini masih tetap ada. Sebab, nyatanya masih banyak orang terpapar Covid-19 meski sudah divaksin.

Guna mengantisipasi kelalaian tersebut, platform edukasi Covid-19, Zoe Covid Symptom Study di Inggris meneliti berbasis survei untuk mengidentifikasi gejala-gejala Covid-19 yang mungkin muncul di kalangan penerima vaksin.

Hasilnya, survei menyebutkan sejumlah gejala utama yang dirasakan penerima vaksin jika mereka terpapar Covid-19.

1. Kepala pusing

2. Pilek (hidung berlendir)

3. Mudah bersin

4. Tenggorokan kering

5. Lain-lain

“Peringkat gejala tersebut diurutkan berdasarkan berapa banyak pengguna yang melaporkannya kepada aplikasi kami,” tulis pihak Zoe dalam keterangan tertulisnya, Senin (28/6/2021).

Adapun terkait gejala urutan kelima, yakni gejala lain lazimnya meliputi hilangnya indera penciuman, sesak napas, serta demam dan batuk dalam intensitas tinggi.

Meski demikian, mengacu survei, gejala-gejala terakhir ini relatif jarang dialami oleh penderita Covid-19 yang sebelumnya telah menerima vaksin.

Dalam keterangannya, platform tersebut menggarisbawahi bahwa studi itu masih bersifat umum dan belum diklasifikasikan berdasarkan varian virus.

Untuk itu, tidak menutup kemungkinan gejala akibat paparan varian virus Delta yang baru-baru ini menjadi pusat perhatian bakal berbeda ketimbang paparan virus varian-varian sebelumnya.

“Intinya, jika Anda sering bersin-bersin atau mengalami gejala-gejala di atas tanpa alasan yang jelas, sebaiknya Anda melakukan tes Covid-19. Terutama jika Anda berada di lingkungan yang memiliki risiko tinggi terhadap paparan virus,” imbaunya. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here