Kenali Gejala Serangan Jantung yang Renggut Nyawa Suami BCL

501
Suami BCL Meninggal Dunia Akibat Serangan Jantung (Foto: Instagram/ @ashrafsinclair )

Jakarta, Muslim Obsession – Aktor tanah air Ashraf Daniel Mohammed Sinclair meninggal dunia akibat serangan jantung di Jakarta, pada 18 Februari 2020, pukul 04:00 WIB.

Suami dari aktris dan penyanyi Bunga Citra Lestari (BCL) tersebut meninggal di usia 40 tahun. Pada tanggal 22 September 2010 keduanya dikaruniai seorang anak laki-laki yang diberi nama Noah Sinclair.

Diketahui, penyakit jantung masih menduduki peringkat pertama penyakit paling mematikan di Indonesia. Jika Anda bertanya tentang gejala serangan jantung, kebanyakan orang pasti langsung merujuk pada gejala nyeri dada.

Namun, selama beberapa dekade terakhir, para ilmuwan telah belajar bahwa gejala serangan jantung tidak selalu jelas. Gejala dapat muncul dalam berbagai cara dan dapat bergantung pada sejumlah faktor, seperti apakah Anda pria atau wanita, jenis penyakit jantung apa yang Anda miliki, dan berapa usia Anda.

Penting untuk menggali lebih dalam untuk memahami berbagai gejala yang mengindikasikan serangan jantung. Mengungkap lebih banyak informasi dapat membantu Anda belajar kapan harus membantu diri sendiri dan orang yang Anda cintai.

Gejala awal serangan jantung

Gejala serangan jantung bervariasi dan bahkan dari satu serangan jantung ke yang lain. Yang penting adalah percaya diri. Anda tahu tubuh Anda lebih baik daripada siapa pun. Jika ada yang tidak beres, segera dapatkan perawatan darurat.

Menurut Perhimpunan Perawatan Kardiovaskular, seperti dikutip dari Healthline, Selasa (18/2/2020) gejala serangan jantung dini terjadi pada 50 persen dari semua orang yang mengalami serangan jantung.

Jika Anda menyadari gejala awal, Anda mungkin bisa mendapatkan perawatan cukup cepat untuk mencegah kerusakan jantung. Untuk diketahui, delapan puluh lima persen kerusakan jantung terjadi dalam dua jam pertama setelah serangan jantung.

Gejala awal serangan jantung dapat meliputi:

  • sakit ringan atau ketidaknyamanan di dada Anda yang mungkin datang dan pergi, yang juga disebut “gagap” nyeri dada
  • rasa sakit di bahu, leher, dan rahang Anda
  • berkeringat
  • mual atau muntah
  • pusing atau pingsan
  • sesak napas
  • kecemasan berat atau kebingungan

Gejala serangan jantung pada pria

Anda lebih mungkin mengalami serangan jantung jika Anda seorang pria. Pria juga mengalami serangan jantung lebih awal dalam hidupnya dibandingkan dengan wanita. Jika Anda memiliki riwayat penyakit jantung dalam keluarga atau riwayat merokok, tekanan darah tinggi, kolesterol darah tinggi, obesitas, atau faktor risiko lainnya, peluang Anda untuk mengalami serangan jantung bahkan lebih tinggi.

Gejala serangan jantung pada pria meliputi:

  • nyeri / tekanan dada standar yang terasa seperti “seekor gajah” duduk di dada Anda, dengan sensasi meremas yang mungkin datang dan pergi atau tetap konstan dan intens
  • sakit atau ketidaknyamanan tubuh bagian atas, termasuk lengan, bahu kiri, punggung, leher, rahang, atau perut
  • detak jantung yang cepat atau tidak teratur
  • ketidaknyamanan perut yang terasa seperti gangguan pencernaan napas pendek, yang mungkin membuat Anda merasa tidak bisa mendapatkan cukup udara, bahkan ketika Anda sedang beristirahat pusing atau merasa seperti Anda akan pingsan
  • berkeringat dingin

Namun, sekali lagi penting untuk diingat bahwa setiap serangan jantung berbeda-beda gejalanya. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here