Kenali Durasi Tidur Berdasarkan Usia

360
Bayi Tidur (Foto: Istimewa)

Muslim Obsession – Kebutuhan jam tidur antara satu orang dengan orang lain memang berbeda-beda. Hal ini terjadi karena dilandasi berbagai hal seperti aktivitas serta kondisi lingkungan yang ditinggali seseorang.

Perbedaan waktu tidur ini juga dapat dibagi berdasarkan tingkatan usia seseorang. Hal ini mengungkap mengapa anak kecil terutama bayi cenderung lebih banyak tidur sedangkan pada orang dewasa, biasanya jam tidur mereka lebih sedikit.

Dilansir dari Passeportsante, sebuah penelitian di Amerika Serikat mengungkap jam tidur yang ideal berdasarkan usia seseorang. Pembagian jam tidur ini sendiri juga dapat dibagi berdasar aktivitas yang dimiliki sehari-hari.

Sebuah kelompok peneliti dari National Foundation of Sleep Specialists dari Amerika Serikat mengungkap durasi tidur ideal berdasar usia. Menariknya, semakin muda usia maka semakin lama ham tidur yang dibutuhkan.

Pada bayi berusia 3-11 bulan, disarankan untuk tidur antara 14 sampai 17 jam setiap hari. Pada usia 1-2 tahun, jam tidur ini semakin berkurang menjadi 12-15 tahun dan terus berkurang menjadi 10-13 tahun pada usia 3-5 tahun.

Pada remaja hingga dewasa, terdapat rentang usia sendiri yang semakin berkurang seiring bertambahnya usia. Pada anak-anak serta remaja dengan rentang usia 6-13 tahun, dibutuhkan tidur sekitar 9-11 jam.

Pada usia 13 sampai 18 tahun, jam tidur ideal adalah 8 jam. Jumlah kebutuhan jam tidur ideal cukup mengejutkan ketika seseorang berada pada usia 18-25 tahun yaitu sekitar 10 jam.

Selanjutnya pada usia 26-64 tahun, dibutuhkan jam tidur antara 7-9 jam. Jumlah ini bakal sedikit menurun ketika seseorang sudah lanjut usia, yaitu sekitar 7-8 jam.

Batasan waktu dan jam tersebut adalah waktu tidur ideal yang digunakan oleh seseorang setiap harinya. Namun perhatikan bahwa aktivitas yang dilakukan oleh seseorang sehari-hari dapat menjadi faktor yang juga menentukan jam tidur ini.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here