Kemuliaan dan Amalan Bulan Muharram

977
Buya Yahya.
Buya Yahya.

Cirebon, Muslim Obsession – Salah satu jamaah mengajukan pertanyaan kepada Buya Yahya, mengenai apa saja keutamaan bulan Muharram serta amalan apa saja yang dianjurkan di bulan Muharram?

Menurut KH. Yahya Zainul Ma’arif, nama asli Buya Yahya, bulan Muharram adalah salah satu dari 4 (empat) bulan mulia yang disebutkan dalam Al-Qur’an.

“Amalan yang dianjurkan adalah semua amalan yang dianjurkan di bulan lain sangat dianjurkan di bulan ini, hanya saja ada amalan yang sangat dianjurkan secara khusus di bulan ini,” kata Buya Yahya, seperti dilansir dari buyayahya.org, Jumat (6/9/2019).

Pengasuh Lembaga Pengembangan Da’wah dan Pondok Pesantren Al-Bahjah, Cirebon ini juga menjelaskan lebih detail mengenai amalan-amalan khusus tersebut.

Amalan yang pertama, puasa tanggal 10 yang disebut dengan puasa Asyura, seperti yang telah disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori (No:1899) dan Imam Muslim (No:2653), dengan pahala akan diampuni dosa tahun yang lalu, (Muslim no: 2746).

Kedua sangat dianjurkan untuk ditambah agar bisa berpuasa di hari yang ke sembilan, seperti yang telah disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim (no: 2666).

Ketiga, lebih bagus lagi jika ditambah hari yang ke sebelas seperti disebutkan dalam sebuah riwayat dari sahabat Abdullah bin Abbas, (Ibnu Khuzaimah no: 2095).

“Lebih dari itu berpuasa di sepanjang bulan Muharram adalah sebaik-baik puasa, seperti disebutkan oleh Rasulullah SAW, dalam hadits yang disebutkan Imam Muslim, ‘Sebaik baik puasa setelah bulan Ramadhan adalah puasa di bulan Muharam,” (Muslim no: 2755). Wallahu a’lam bish-shawab,” tutupnya. (Way)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here