Kemlu Libatkan Santri Berprestasi di OYTW 2018

995
Para peserta OYTW 2018 foto bersama Wamenlu RI (Photo: Kemlu)

Jakarta, Muslim Obsession – Kementerian Luar Negeri RI (Kemlu), melibatkan para santri berprestasi dalam program Outstanding Youth for the World (OYTW) 2018.

“Santri sebagai etalase islam moderat di Indonesia, merupakan aset diplomasi publik Indonesia yang perlu ditumbuhkembangkan,” rilis Kementerian Luar Negeri dalam sebuah tweet @Portal_Kemlu_RI, Senin (12/3/2018).

Peserta OYTW 2018 berasal dari pesantren di berbagai daerah yaitu Nusa Tenggara Barat (Lombok), Jawa Timur (Jombang), Jawa Tengah (Solo dan Kudus), Jawa Barat (Tasikmalaya) dan Jakarta.

Mereka akan diagendakan mengikuti beberapa kegiatan. Seperti dialog dengan pemuda muslim Australia, mengunjungi Perwakilan RI, kantor pemerintah, lembaga pendidikan dan komunitas muslim di Australia. Serta organisasi keagamaan lainnya.

“Keterlibatan para santri pada program tersebut, bertujuan untuk memberikan gambaran kemajemukan dan pemahaman tentang proses pengambilan keputusan terkait Politik Luar Negeri (Polugri). Selain itu, diharapkan para santri dapat ikut berperan dalam mendukung citra positif Indonesia di luar negeri,” katanya.

Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu), Dr. A.M. Fachir juga berbincang dengan para peserta OYTW 2018 yang berasal dari berbagai pesantren di Indonesia, Senin (12/3/2018).

“Anak-anak adalah duta Indonesia kepada dunia. Kalian harus punya self confidence, be yourself. If you are good Muslim, you’re good Indonesian, you are good human being,” tutur Fachir kepada para peserta OYTW 2018.

Mereka juga berbincang dengan Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik (Dirjen IDP), Cecep Herawan dan Direktur Diplomasi Publik, Azis Nurwahyudi untuk mendapatkan gambaran mengenai program tersebut.

OYTW merupakan program yang diperuntukkan bagi generasi muda Indonesia berprestasi. Untuk dapat memiliki kesempatan berperan dalam mendukung kegiatan promosi dan peningkatan citra Indonesia di luar negeri.

Sebelumnya program ini bernama Outstanding Students for the World (OSTW). Namun diubah menjadi Outstanding Youth for the World (OYTW). Dengan tujuan melibatkan tidak hanya mahasiswa, namun juga para pemuda berprestasi.

Program kunjungan ke luar negeri peserta OSTW telah 6 kali diselenggarakan. Pertama di Amerika Serikat (2011); Jepang (2012); Inggris (2013); Kanada (2014); Hong Kong (2016) dan India (2017). Hingga tahun 2017, alumni program OSTW berjumlah 96 orang. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here