Kemenag Yogyakarta Bekali Jemaah Haji Persiapan Kesehatan Fisik dan Mental

94

Sleman, Muslim Obsession – Kesehatan fisik dan mental jamaah haji menjadi salah satu faktor utama kelancaran pelaksanaan rukun Islam kelima.

Kloter pertama jamaah haji Indonesia dijadwalkan berangkat pada 25 Juni mendatang menuju Tanah Suci. Menjelang keberangkatan, banyak yang harus dipersiapkan jamaah haji, terutama persiapan kesehatan fisik maupun mental.

Mayoritas jamaah haji Indonesia berusia di atas 60 tahun, sedangkan ibadah haji merupakan ibadah yang paling banyak menggunakan fisik.

“Tidak jarang ibadah haji menimbulkan stres bagi sebagian jamaah haji. Oleh karena itu, untuk menjalaninya dibutuhkan keyakinan, kesehatan, keikhlasan lahir dan batin. Untuk itu diperlukan kerja sama antara Kemenag, Kemenkes, KBIHU dan instansi terkait demi suksesnya penyelenggaraan ibadah haji,” papar dr. Tejo katon saat memberikan materi Kesehatan fisik dan mental jemaah haji di KBIHU Ar-Raudhah, Jl. Magelang Km. 5,5 Kutu Tegal, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta, dilansir Ditjen PHU, Selasa (28/1/2020).

Acara ini dihadiri oleh beberapa pengurus dari KBIHU Ar-Raudah antara lain Ust. H. Djuweni Kabit, Ust. H. Herman dan Ust. H. Ahmad Lutfi, serta 42 jemaah haji yang tergabung dalam KBIHU Ar-Raudah.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Haji dan Umrah pasal 5 dan 6 juga menjelaskan bahwa Ibadah haji memerlukan kesehatan yang prima, karena terdapat banyak kegiatan fisik yang harus dijalankan selama menjalankannya. Apalagi ditambah dengan suhu di Arab Saudi yang kering dan jauh berbeda dengan suhu di Indonesia.

Tidak hanya itu, dalam ajaran Islam, salah satu syarat wajib melaksanakan ibadah haji adalah kemampuan jamaah. Ini tidak hanya menyangkut keuangan saja, tetapi juga fisik dan mental.

“Oleh karena itu, persiapan fisik sebelum melaksanakan ibadah haji perlu dilakukan bagi mereka yang sebentar lagi berangkat ke tanah suci. Tujuannya adalah agar dapat melaksanakan rangkaian ibadah haji dengan lancar,” pungkas dr. H. Tejo katon yang juga sebagai Ketua PW FKAPHI DIY menjawab pertanyaan dari jamaah haji KBIHU Ar-Raudhah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here