Kemenag Umumkan Pemenang Lomba Penulisan

1191
Kemenag
Juara pertama lomba penulisan cerita remaja Islami (Ceris) tahun 2017. (Foto: kemenag)

Bekasi, Muslim Obsession – Kementerian Agama mengumumkan pemenang lomba penulisan Cerita Remaja Islam (Ceris) dan Karya Ilmiah Remaja (KIR) Siswa SMA/SMK 2017 di Hotel Aston Bekasi, Selasa (19/12/2017).

Para pemenang diumumkan setelah melalui proses penilaian dari tahap seleksi hingga tahap penjurian. Sebelumnya, seluruh finalis mempresentasikan hasil karyanya di hadapan para dewan juri.

“Kami ucapkan selamat dan apresiasi yang tinggi kepada semua partisipan. Semoga kegiatan ini menjadi motivasi semua untuk semakin mengembangkan minat dan bakat penulisannya, khusus di bidang Pendidikan Agama Islam,” kata Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Kamaruddin Amin, Selasa (19/12/2017).

Menurut Kasubdit PAI pada SMA/SMK, Unang Rachmat, sebanyak 140 naskah Ceris dan 90 naskah KIR yang masuk, telah diseleksi dan dinilai oleh tim dewan juri. Tahap akhir seleksi yang dilaksanakan di Bekasi 18 – 20 Desember 2017 diikuti 6 finalis Ceris dan 6 finalis KIR.

Kementerian Agama memberikan dana apresiasi dengan total Rp75juta untuk masing-masing lomba. Selain itu, ada juga tropi dan piagam penghargaan.

Pada lomba tersebut, Sherina Salsabila dari SMAN 67 Jakarta menjadi juara 1 lomba CERIS dengan judul “1000 Bambu Pelipur Rindu”, sementara juara 2 diraih Ridha Nikmatus Syahada dari SMAN 2 Jombang, Jawa Timur, dengan karya berjudul “Tirai Mirai”.

Di kategori lomba Karya Ilmiah Remaja (KIR), Zulfani Alfasanah dari SMAN 2 Jombang, Jawa Timur, meraih juara 1 dengan karya berjudul “Kontekstualisasi Maqashid Al-Syariah dalam Memelihara Keberagaman Masyarakat Madani (Studi Perspektif Pendidikan Islam)”.

Juara 2 pada kategori ini diraih Tri Ardiansa dari SMAN 3 Semarang, Jawa Tengah, dengan karya berjudul “Merawat Harmoni Keberagaman dengan Melawan Berita Hoax melalui Implementasi Prinsip-prinsip Komunikasi Islam”. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here