Kemenag: PPG Dibuka Bagi Ribuan Guru Madrasah

198

Bogor, Muslim Obsession – Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Kemenag akan melaksanakan seleksi akademik Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan tahun 2019. Hal itu disampaikan Kepala Seksi Bina GTK MI/MTs Musthofa Fahmi.

Ia menuturkan, tahun ini, jumlah peserta seleksi akademik PPG dalam jabatan mencapai 138.234 guru. Seleksi PPG akan dilaksanakan 20-25 Mei 2019.

Dikatakan Fahmi, untuk PPG dalam jabatan, Kemenag hanya menyediakan 6.800 kuota, terbagi dalam 6.000 guru mata pelajaran agama dan 800 guru mata pelajaran umum.

“Seleksi akademik PPG 2019 akan menggunakan sistem yang serupa dengan sistem UNBK di madrasah, yaitu CBT. Sistem ini dirasa cocok, mengingat sangat efektif ketika dipakai saat UNBK,” kata Fahmi dikutip dari Kemenag, dalam rapat Koordinasi Teknis Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan Tahun 2019 di Bogor, Rabu (15/5/2015).

Selain Fahmi, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenag M Nur Kholis Setiawan, berpesan bahwa PPG jangan hanya sebagai upaya melegitimasi profesi guru saja.

“Lebih dari itu, yang kita harapkan PPG harus dijadikan sebagai piranti mengarusutamakan moderasi beragama,” papar Guru Besar UIN Sunan Kalijaga ini.

Untuk itu ia juga mengimbau bahwa PPG harus dilaksanakan serius, sehingga melahirkan guru-guru yang moderat, karena guru akan bersinggungan langsung dengan peserta didik.

Kholis menuturkan, karena PPG sebagai unsur yang mendukung pengarusutamaan moderasi beragama, maka LPTK harus menginjeksi moderasi beragama ke dalam materi atau modul PPG.

“Moderasi beragama mutlak disebarluaskan dan diinjeksi dalam modul PPG, untuk melahirkan peserta didik yang moderat, tidak ekstrem kanan maupun kiri. Peserta didik yang moderat lahir dari guru yang moderat pula,” pungkasnya. (Way)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here