Kemenag: Persiapan Haji 2018 Sudah On The Track

834
Sejumlah jamaah calon haji berjalan menuju pesawat saat pemberangkatan kloter terakhir Embarkasi Boyolali di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah (Foto: Sukabum Ekspres)

Jakarta, Muslim Obsession – Kementerian Agama (Kemenag) memastikan ibadah haji tahun 2018 akan berjalan baik, pasalnya persiapan yang telah dilakukan sejauh ini sesuai dengan rencana

” Melihat persiapan-persiapan sejauh ini sudah on the track, bukan off the track,” ujar Sekretaris Jenderal Kemenag, Nur Syam, di Jakarta, Ahad (27/5/2018)

Nur Syam mengatakan, seluruh kebutuhan pemondokan tahun ini sudah dibereskan. Hotel untuk jemaah juga diupayakan minimal kelas bintang tiga atau empat. ” Hotel yang dipilih yang luar biasa,” katanya.

Sementara, mengenai administrasi, saat ini jemaah haji sudah lebih terintegrasi melalui sistem e-hajj. Sistem ini diharapkan dapat mengurangi kesalahan-kesalahan administratif serta penempatan jemaah.

Soal katering, jemaah haji juga dipastikan akan mendapat makanan bercitarasa Indonesia. Tak akan ada lagi menu dengan menggunakan minyak unta seperti sebelum-sebelumnya. ” Dan rasanya lebih pedas,” tambah Nur Syam.

Untuk pelayanan di Arafah, Mina, dan Musdalifah, tambah dia, pemerintah berusaha meningkatkan pelayanan. ” Water cooler-nya semoga bagus, tenda juga bagus, sudah antiterbakar,” ungkapnya.

Selain itu, salah satu kelebihan pelayanan haji tahun ini ialah penerapan pemeriksaan biometrik untuk urusan administrasi di sebagian asrama haji Tanah Air. Sehingga bisa memotong waktu mencapai dua jam saja.

Meski demikian, masih ada masalah yang kemungkinan bisa ditemui para jemaah saat berada di Tanah Suci. Sebab, kata dia, dalam suatu waktu perjalanan di Masjidil Haram akan ditutup. Kondisi ini menyebabkan sejumlah arus kendaraan dialihkan.

Selain itu, kerap ditemukannya supir musiman yang datang dari Aghanistan, Pakistan, dan Bangladesh, yang tak paham kondisi jalan. Kondisi ini kerap menyebabkan sejumlah jemaah tersesat. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here