Kemenag Peduli Kembali Bergerak untuk Korban Banjir dan Gempa

46

Muslim Obsession – Sejak 2019, Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama (ASN Kemenag) telah melakukan gerakan “Kemenag Peduli” setiap kali terjadi bencana alam.

Inisiatif penggalangan dana dan bantuan ini pernah disalurkan bagi penyintas tsunami di Banten, gempa di Lombok, likuifaksi di Palu pada 2019, serta penyintas banjir yang melanda Jabotabek pada 2020.

Beberapa minggu terakhir, banjir dan gempa kembali melanda sejumlah daerah di Indonesia. Mulai dari banjir bandang yang melanda Kalimantan Selatan, gempa di Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat, banjir di Sumedang, hingga terakhir banjir di Bogor.

“Melihat ini, para ASN Kemenag banyak yang merasa terpanggil untuk membantu, maka kita menghidupkan kembali gerakan ‘Kemenag Peduli’ ini,” ungkap Kepala Biro Umum Kemenag Yayat Supriadi, Rabu (20/1).

“Langkah ini juga sejalan dengan arahan  Bapak Menteri untuk membentuk tim tanggap darurat guna melakukan gerak cepat membantu satuan kerja kita yang terkena dampak banjir maupun gempa,” imbuh Yayat.

Ia menyampaikan, seperti sebelumnya, pengumpulan dana ini selanjutnya akan digunakan untuk menyiapkan keperluan sandang dan pangan para penyintas banjir dan gempa.

“Juga mungkin nanti kita identifikasi bila ada kebutuhan kain kafan bagi para korban meninggal. Meskipun dalam kondisi darurat semacam ini, kami berharap dapat memfasilitasi pengurusan jenazah para korban dengan layak,” tutur Yayat.

Bagi ASN Kemenag yang  ingin berpartisipasi, lanjut Yayat, dapat mengirimkan donasinya ke rekening Bank Syariah Mandiri nomor 7121241697 a.n. Tanggap Darurat Bencana Kemenag.

BAGIKAN

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here