Kemenag Gelar Moderasi Islam dan Bela Negara

491
PAI - Bela Negara
Sekitar 100 Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) ikuti kegiatan Moderasi Islam dan Bela Negara yang digelar Kemenag di Camp Hulu dan Istana Negara, Bogor 29 April – 1 Mei 2018. (Foto: Kemenag)

Bogor, Muslim Obsession – Kementerian Agama menggelar penguatan Moderasi Islam dan Bela Negara yang diikuti sekitar 100 Guru Pendidikan Agama Islam (PAI)di Camp Hulu dan Istana Negara, Bogor 29 April – 1 Mei 2018.

Para peserta berasal dari Depok dan Bogor serta Guru PAI Bina Kawasan yang bertugas di daerah 3T.

Saat membuka kegiatan tersebut, Direktur Pendidikan Agama Islam (PAI) Imam Safei mengatakan bahwa seluruh stakeholder PAI, baik di perkotaan maupun di pedesaan memiliki tugas yang berat dalam mengawal Pendidikan Agama Islam di Tanah Air.

“Direktorat PAI berkomitmen menegakan Pendidikan Agama Islam yang rahmatan lil’alamin, pemikiran yang moderat, dan kita sepakat bahwa guru Agama Islam bela NKRI,” ujar Imam seperti dilansir Kemenag, Ahad (29/4/2018).

Imam menjelaskan, upaya bela negara melalui PAI merupakan langkah penting yang harus diambil dalam rangka menyebarkan Islam rahmatn lil’alamin dan wawasan kebangsaan di sekolah, khususnya daerah 3T. Menurutnya, saat ini pengaruh media sosial dan budaya dari luar sangat besar dampaknya.

“Kegiatan ini memberikan pembinaan dan peningkatan wawasan kebangsaan serta Islam rahmatan lil’alamin dalam rangka mewujudkan kehidupan beragama dan bernegara yang harmonis,” ujarnya.

Imam Safei mengilustrasikan, bahwa kalau seseorang bangga dengan hasil dan kondisi saat ini, maka itu merupakan perjuangan dan jerih payah pendahulu di masa lalu. “Oleh sebab itu, jika kita kerja keras dan sungguh-sungguh hari ini, pasti akan menjadi kebanggaan orang di masa depan,” pungkasnya.

Imam mengajak para peserta untuk lebih bekerja keras dan menunjukan nilai strategis PAI dalam menebarkan Islam rahmatan lil’alamin dan membela NKRI.

Hadir dalam pembukaan, Kepala Bidang PAI se-Indonesia dan Pengurus Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAI) serta fasilitator dari unsur TNI. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here