Kemenag Gandeng Pemda untuk Perkuat Kompetensi Kepala Madrasah

418
Kemenag - Lombok Utara
Direktorat GTK Madrasah Kementerian Agama bertemu Bupati Lombok Utara, Najmul Akhyar, Kamis (18/1/2018). (Foto: Kemenag)

Lombok, Muslim Obsession – Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Kementerian Agama, Suyitno, bertemu Bupati Lombok Utara, Najmul Akhyar, Kamis (18/1/2018). Pertemuan itu digelar dalam rangka kerja sama Direktorat GTK dengan Pemkab Lombok Utara untuk memperkuat Kompetensi Kepala Madrasah di bidang manajerial.

Untuk merealisasikan program tersebut, Suyitno melakukan kunjungan ke beberapa kabupaten/kota. Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, menjadi daerah pertama yang dikunjungi.

Pada pertemuan itu Suyitno menyampaikan bahwa sejumlah program Direktorat GTK Madrasah bisa disinergikan dengan Pemda, khususnya dalam penguatan kepala madrasah.

“Sinergi penguatan kepala madrasah seiring dengan lahirnya PMA 58 tahun 2017 tentang Kepala Madrasah, salah satu kompetensinya mampu menumbuhkan jiwa kewirausahaan di madrasah, ” ujar Suyitno, seperti dikutip laman Kemenag.

Menurut Suyitno, road show penguatan kepala madrasah melalui kerja sama dengan Pemda akan dilanjutkan ke daerah-daerah lain sebagai langkah percepatan peningkatan mutu kepala madrasah.

Menanggapi hal itu, Bupati Lombok Utara, Najmul Akhyar, menyambut baik niat tersebut dan siap bersinergi. “Kami siap menjadi mitra utama Direktorat GTK Madrasah,” ujar Najmul.

Najmul Akhyar juga menyampaikan bahwa pihaknya berjanji akan mengadakan pelatihan kewirausahaan untuk  1000 Kamad melalui alokasi Anggaran Pendapatan Belaja Daerah (APBD ). Selain itu, pihak Pemkab juga akan mengadakan Koperasi Syariah berbasis madrasah di setiap Madrasah yang memenuhi syarat.

Selain melakukan kunjungan dengan Pemerintah Kabupaten Lombok Utara, Suyitno bersama Kepala Kantor Kementerian Agama NTB Nasaruddin, juga menjadi pemateri dalam kegiatan Pembinaan Kasi Pendidikan Madrasah, Pengawas, dan Kepala Madrasah se-Provinsi Nusa Tenggara Barat. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here