Kemenag Apresiasi Langkah Inovatif Kanwil Kemenag Jabar

423
Ibadah Haji dan Umrah
Ibadah Haji dan Umrah (Foto: Edwin Budiarso)

Jakarta, Muslim Obsession – Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI, Nizar Ali, mengapresiasi langkah inovatif yang dilakukan Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat dalam memberikan pelayanan prima terhadap jemaah haji.

Hal itu terkait penyelenggaraan Pelatihan dan Pembekalan secara terintegritas petugas haji yang menyertai jemaah, yang terdiri dari TPHI, TPIHI, TKHI, dan TPHD, serta seluruh ketua rombongan pada setiap kelompok terbang (Kloter).

Menurut Nizar, pelatihan ini merupakan inovasi yang belum pernah dilaksanakan. Hal ini disampaikannya saat membuka Pelatihan dan Pembekalan Terintegritas Petugas Haji Kloter (TPHI, TPIHI, TKHI, dan TPHD) Prov. Jawa Barat Tahun 1439 H / 2018 M, di Aula Muzdalifah Asrama Haji Embarkasi, Bekasi.

“Ini sebuah inovasi yang patut diapresiasi. Pembekalan bagi para petugas sangat penting untuk meningkatkan pelayanan kepada para jemaah haji,” ungkapnya, Senin (7/5/2018).

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat, H. A. Buchori mengungkapkan bahwa pelatihan ini diikuti oleh para calon petugas yang menyertai para jemaah, yang telah lulus dalam beberapa tahapan seleksi.

Peserta dari unsur Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) dan Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) sebanyak 192 orang, dari unsur Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) sebanyak 288 orang dan Tim Pemantau Haji Daerah (TKHD) / Tim Kesehatan Haji Daerah (TKHD) sebanyak 96 orang. Total peserta kegiatan sebanyak 576 orang. Mereka akan mengikuti pembekalan selama 10 hari mulai 05 sampai 14 Mei 2018.

“Tahun ini Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat bekerjasama dengan Pemprov Jawa Barat melakukan invoasi baru melaksanakan pembekalan terintegritas, dengan mengikutsertakan Ketua Rombongan (Karom) sebanyak 424 orang yang akan dimulai pada hari Rabu (9/5/2018) ini,” ucapnya.

Menurutnya, dengan pembekalan ini diharapkan dapat menciptakan sinergitas antara petugas kloter dan ketua rombongan dalam menjalankan peran dan fungsinya masing-masing sehingga dapat melayani jemaah dengan baik. (Bal)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here