Kembangkan Warisan Islam, Dewan Kota Liverpool Alihkan Masjid Pertama di Inggris

541
Masjid Pertama di Inggris (Foto: About Islam)

Liverpool, Muslim Obsession – Dewan Kota Liverpool Inggris telah mengalihkan kepemilikan situs masjid pertama di Inggris ke sebuah badan amal Muslim lokal untuk mendukung pengembangan gedung tersebut sebagai warisan Islam dan pusat perusahaan.

“Peran Liverpool dalam perkembangan Islam di Inggris adalah kisah yang menarik dan pusat warisan baru ini akan menyinari bagian masyarakat Victoria yang diabaikan,” kata Walikota untuk warisan Cllr Alice Bennett, seperti dikutip AboutIslam, Selasa (18/9/2018).

Badan amal ini bertujuan untuk merayakan kehidupan William Henry Quilliam, seorang pengacara Liverpool yang masuk Islam pada tahun 1887 setelah mengunjungi Maroko untuk proses penyembuhan. Pada saat itu pula, ia mengganti namanya dari William menjadi Abdullah Quilliam dan menciptakan “tempat kelahiran Islam Inggris,” dengan mendirikan masjid dan pusat Islam pertama di Inggris yang berfungsi penuh pada tahun 1889.

“Dunia tahu banyak tentang posisi Liverpool sebagai kota kedua dari Kerajaan Inggris dan semua komunitas yang berbeda yang berkembang di sini dan menjadikan Liverpool sebagai salah satu kota kosmopolitan pertama di dunia,” jelasnya.

Setelah berganti nama menjadi Abdullah Quilliam, ia juga mendirikan Institut Muslim Liverpool, yang juga menampung panti asuhan, sekolah, dan rumah penerbitan, dan dianggap sebagai salah satu dari orang-orang yang paling berpengaruh dan tokoh-tokoh penting dalam sejarah Islam di Inggris.

Setelah masjid ditutup pada tahun 1910, itu kemudian digunakan sebagai kantor pendaftaran kota untuk kelahiran, kematian, dan pernikahan sampai kantor pindah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here