Kembangkan Sektor Film, Kementerian Arab Saudi Luncurkan Pelatihan Filmmaker

186

Arab, Muslim Obsession – Kementerian Kebudayaan Saudi telah meluncurkan program pengembangan bakat untuk industri film sebagai bagian dari salah satu program Saudi Vision 2030, Quality of Life. Program pengembangan bakat mencakup sesi pelatihan dan lokakarya singkat, bekerja sama dengan lembaga internasional.

Seperti dilansir Arab News, Program ini merupakan bagian dari upaya kementerian untuk mengembangkan sektor film lokal di Kerajaan, menciptakan peluang kerja, dan meningkatkan partisipasi budaya Kerajaan secara internasional.

Fase pertama dari inisiatif pengembangan bakat terdiri dari tiga program berbeda. Tahap pertama dalam pembuatan film secara umum akan dijalankan bekerja sama dengan British Film Institute (BFI. Program dua minggu di Inggris akan terbuka untuk 12 siswa dan akan berlangsung dari 27 Oktober hingga 11 November 2019 mendatang. Para siswa akan berpartisipasi dalam “Kursus pelatihan intensif dan Kelas Master” dengan sutradara dan produser Inggris, dan melakukan kunjungan lapangan ke Pinewood Studios yang terkenal, rumah bagi franchise film James Bond.

Program kedua, yaitu produksi film akan berjalan secara bersamaan dan terbuka untuk 20 siswa. Sekali lagi, BFI dan Pinewood terlibat dan kursus akan mencakup semua aspek produksi film, termasuk pencahayaan, suara, set dan kostum, penulisan dan pengeditan naskah, pengarahan dan manajemen lokasi.

Program ketiga, bekerja sama dengan University of Southern California (USC), berfokus pada akting untuk sinema dan televisi kontemporer dan akan berlangsung di Riyadh mulai 8-11 Desember. Akan ada tempat untuk 14 sampai 16 siswa.

Seluruh program mencakup seni pembuatan film, dari penulisan skenario hingga pasca produksi, melalui pengalaman praktis dan sebagai bagian dari kelompok kerja yang berbeda yang mencakup fotografi dalam dan luar ruangan, mengarahkan aktor, menciptakan montase, pencahayaan, dan suara.

Pembuat film yang bercita-cita ingin melamar program pelatihan dapat mendaftar di https://engage.moc.gov.sa/film-talent antara Rabu, 9 Oktober, dan Senin, 14 Oktober untuk program pembuatan film di Inggris Raya, dan antara 20 Oktober dan 20 November untuk program akting di Riyadh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here