Kelompok Yahudi Bakar Masjid di Tepi Barat Palestina

145

Jakarta, Muslim Obsession – Sebuah bangunan masjid yang terletak di Tepi Barat, Palestina dibakar oleh kelompok Yahudi, Israel pada Senin (27/7/2020) dini hari tadi. Masjid di kota al-Bira, dekat Ramallah, itu juga dicoreti dengan tulisan dan gambar Ibrani di dindingnya

Menurut laporan orang Palestina, dilansir di Haaretz, Senin (27/7), para pelaku pembakaran adalah pemukim Israel. Beruntung, tidak ada korban luka yang dilaporkan dari insiden tersebut.

Coretan di dinding masjid tersebut bertuliskan “pengepungan untuk orang Arab dan bukan orang Yahudi” dan “tanah Israel adalah bagi orang-orang Israel.”

Wali Kota al-Bira, Azzam al-Qaraan, mengatakan dalam sebuah percakapan dengan Haaretz bahwa masjid yang terletak di pinggiran kota al-Bira tersebut hanya berjarak ratusan meter dari pemukiman terdekat. Dugaan kuat Yahudi Israel pelakunya.

Al-Qaraan mengatakan, insiden perusakan masjid tersebut adalah kali pertamanya terjadi di kota itu. Pasukan kepolisian Palestina telah memulai penyelidikan, termasuk mengumpulkan rekaman kamera dari daerah tersebut dalam upaya untuk menemukan dokumentasi dari insiden tersebut.

Sementara itu, Kementerian Urusan Agama Palestina dan kepala negosiator Palestina Saeb Erekat menuduh pemukim Yahudi pemicu kebakaran itu.”Ini rasisme dan apartheid,” kata Erekat dalam sebuah pernyataan.

Israel merebut Tepi Barat dalam perang Timur Tengah 1967, dan lebih dari 400.000 pemukim ilegal Israel sekarang tinggal di sana di antara sekitar 3 juta warga Palestina.

Palestina, yang merencanakan negara masa depan di Tepi Barat, Gaza, dan Yerusalem Timur, mengatakan permukiman yang dianggap oleh sebagian besar negara sebagai ilegal, membuat perwujudan negara di masa depan menjadi semakin sulit. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here