Kelelahan Bekerja Bisa Picu Serangan Jantung

441
Serangan Jantung (Foto: Istimewa)

Muslim Obsession – Pemilu 2019 telah meninggalkan duka mendalam bagi keluarga korban petugas Kelompok Penyelenggaraa Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal saat mengawal jalannya penghitungan suara di beberapa daerah. Korban meninggal tersebut salah satu penyebabnya adalah kelelahan bekerja.

Dilansir dari Huffington Post, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Psychosomatic Medicine menunjukkan adanya kaitan antara penyakit jantung koroner dengan kelelahan bekerja. Jantung koroner diketahui sebagai faktor risiko terbesar yang menyebabkan munculnya serangan jantung.

Penelitian ini didasarkan pada analisis terhadap 8.838 karyawan pria dan wanita dengan rentang usia antara 19-67 tahun. Partisipan dalam penelitian ini menjalani tes kesehatan dan diamati selama 3,4 tahun oleh peneliti di Tel Aviv University.

Pada akhir penelitian, diidentifikasi bahwa terdapat 93 orang yang telah memiliki penyakit jantung koroner. Setelah menghitung semua faktor risiko lain seperti merokok, usia, dan sejarah keluarga, peneliti menemukan bahwa karyawan yang mengalami kelelahan dalam pekerjaan memiliki risiko penyakit jantung 40 persen lebih tinggi.

Seseorang yang memiliki nilai paling tinggi dalam skala kelelahan akibat kerja, yaitu 20 poin, memiliki risiko jantung koroner paling tinggi yaitu 79 persen. Hasil penelitian ini menemukan bahwa bekerja terlalu lelah bisa sangat mengancam nyawa seseorang.

Pada sebuah penelitian sebelumnya, juga ditemukan adanya kaitan kelelahan saat bekerja dengan peningkatan risiko diabetes tipe-2. Karyawan yang kelelahan bekerja memiliki risiko meningkat hingga 84 persen mengalami diabetes tipe-2 ini.

Mengingat berbagai efek buruk dari kelelahan bekerja ini, perlu ada aturan jelas untuk pembatasan jam kerja. Pasalnya, kelelahan bisa bisa membuat seseorang kena serangan jantung serta diabetes.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here