Kecintaan Lafran Pane pada Islam dan Indonesia Bukan Omong Kosong

2066
Lafran Pane HMI
Lafran Pane.

Yogyakarta, Muslim Obsession – Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Syafii Maárif, menyebut Lafran Pane sebagai sosok teladan yang rendah hati. Itu diungkapkannya saat berbicara pada acara Refleksi Kepahlawanan Prof Lafran Pane di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Rabu (13/12/2017).

“Dia teladan yang tidak mau menonjolkan diri,” ungkap Syafii Maarif.

Syafii Ma’arif juga mengaku cukup dekat Lafran Pane. Menurutnya, Lafran merupakan sosok yang memiliki konsistensi dalam berpikir.

Sifat Lafran Pane yang sederhana dan tidak memburu juga menjadi daya tarik lelaki kelahiran 5 Februari 1922 dan meninggal pada 25 Januari 1991 tersebut. Saking sederhananya, Lafran Pane kerap dikabarkan tidak memiliki rumah.

“Ada kesederhanaan, itu yang kita ambil subtansinya,” ujar Syafii yang menyebut kecintaan Lafran Pane pada Indonesia dan Islam tidak sekadar omong kosong.

Lafran Pane yang merupakan pendiri Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) baru saja ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional oleh Presiden Joko Widodo. Sosok pendiam yang memiliki andil dalam Proklamasi itu meninggalkan kesan tersendiri di mata sahabat. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here