Kecil Peluang PKS Perjuangkan RUU Alim Ulama

348
Bamsoet (Foto: YouTube)

Jakarta, Muslim Obsession – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berjanji akan memperjuangkan lahirnya Rancangan Undang-undang (RUU) Pemuliaan Alim Ulama, Tokoh Agama dan Simbol Agama, apabila meraih suara signifikan dalam Pemilihan Legislatif 2019.

Kendati demikian, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyebut kecil peluang RUU tersebut bisa dimasukan di tahun ini, pasalnya sisa masa tugas anggota DPR periode ini tinggal sembilan bulan lagi.

“Tinggal delapan bulan lah, nggak sampai sembilan bulan,” ujarnya di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (14/1/2019).

Kendati demikian, usulan tersebut masih bisa dimungkinkan untuk dicantumkan di dalam undang-undang yang sedang berjalan saat ini.

“Bisa masuk dalam KUHP bisa, bisa juga tergantung pada kajian akademisnya dan tergantung kepada panja-panja atau pansus yang sedang berjalan.” ucapnya.

Ia mengatakan DPR dan pemerintah sangat terbuka bagi siapapun yang menginisiasi undang-undang baru. Namun apakah hal tersebut bisa terpenuhi menurutnya tergantung dari mekanisme yang ada.

“Kan UU itu bisa dimungkinkan apakah itu nanti menjadi inisiatif DPR atau menjadi inisiatif PKS melalui DPR, nanti kan ada kajian akademisnya apakah ini bisa berdiri sendiri atau dicantolkan ke UU yang sedang berjalan atau dibahas sekarang,” jelasnya. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here