Karhutla Riau: Titik Api Makin Mendekati Pemukiman Penduduk, Ini Kebutuhan Mendesak Korban Bencana

241

Pekanbaru, Muslim Obsession – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau semakin menyulitkan petugas Pemadam kebakaran, Relawan kemanusiaan dan Penduduk sekitar.

Dari pantauan Relawan Wahdah Peduli Muhammad Syukri Turusi, pada Minggu (22/9/2019), tepatnya sejak pukul 11:30 WIB, beberapa titik api yang kembali menyala semakin mendekati pemukiman penduduk, salah satunya di Desa Rimbu Panjang, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

“Titik api ini sudah dipadamkan sejak dua hari yang lalu, namun tiba-tiba hari ini kembali menyala dikarenakan kondisi angin yang cukup kencang sejak pagi tadi, sehingga memicu terjadinya bara api yang kembali menyala,” kata Ahmad, salah seorang petugas pemadam kebakaran dari Dinas Pemadam Provinsi Riau.

Menurut dia, api sulit dipadamkan karena lokasi mengandung tanah gambut dan kondisi air saat ini mengalami kekeringan di mana-mana. “Sumber air yang digunakan adalah sungai-sungai yang cukup jauh jaraknya sehingga proses pemadaman berlangsung lama,” sambungnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here