Kardinal Vatikan, Pemersatu Muslim-Katolik Tutup Usia

85

Prancis, Muslim Obsession – Kardinal Prancis sekaligus Mantan Menteri Luar Negeri Vatikan Jean-Louis Tauran, yang membantu meningkatkan hubungan antara Gereja Katolik Roma dan dunia Muslim, telah meninggal pada usia 75 tahun, kata Vatikan pada Sabtu (7/7/2018).

Tauran menjabat sebagai menteri luar negeri Vatikan dari 1991 hingga 2003 dan pada tahun 2007 ia ditugaskan di kantor yang mengawasi hubungan Gereja dengan agama lain, termasuk Islam.

Tauran adalah orang yang mengumumkan kepada dunia dari balkon yang menghadap ke StPeter’s Square bahwa Francis terpilih sebagai paus pada 13 Maret 2013.

Dia menderita penyakit Parkinson selama bertahun-tahun dan meninggal di Amerika Serikat.

Meskipun sakit, ia tetap menjadi kepala Dewan Kepausan Vatikan untuk Dialog Antaragama sampai akhir hidupnya.

Pada bulan April, ia bertemu Raja Salman dari Arab Saudi di Riyadh pada kunjungan pertama ke kerajaan oleh otoritas Katolik senior tersebut.

Tauran sangat dihormati di dunia Muslim, karena telah membantu menyembuhkan luka-luka pidato Regensburg terkenal Paus Benediktus pada bulan September 2006, yang muncul untuk menghubungkan Islam dengan kekerasan.

Benediktus mengutip seorang kaisar Bizantium abad ke-14 yang mengatakan bahwa Islam hanya membawa kejahatan kepada dunia dengan pedang dan perang yang bertentangan dengan sifat Allah.

Dikutip dari Reuters, Ahad (8/7/2018) sebagai menteri luar negeri, Tauran adalah salah satu pemimpin oposisi Vatikan terhadap perang tahun 2003 di Irak dan membuat jengkel Washington lebih dari sekali Ia juga mencela invasi pimpinan AS sebagai kejahatan yang melawan perdamaian. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here