Kapolda Sulsel Ingin Kerja Sama dengan Parmusi Bisa Menjadi Percontohan Nasional

166

Makassar, Muslim Obsession – Jajaran Pengurus Wilayah (PW) Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi) Sulawesi Selatan (Sulsel) mendatangi Kantor Polda Sulsel untuk bertemu dengan Kapolda Irjen (Pol) Guntur Laupe. Kedatangan PW Parmusi Sulsel ini sebagai tindak lanjut rencana kerja sama kedua belah pihak.

Ketua PW Parmusi Sulsel Abubakar Wasahuwa mengatakan, Irjen Guntur menyambut baik tentang program Parmusi yang fokus berdakwah di masyarakat melalui pengembangan Desa Madani. Karena itu, pihaknya ingin melakukan kerja sama dengan Parmusi untuk penguatkan peran ormas Islam di dunia dakwah khususnya Parmusi.

“Pertemuan ini adalah tindak lanjut dari pertemuan kami kemarin di rumah dinas Kapolda yang juga dihadiri Ketua Umum Parmusi H. Usamah Hisyam. Dalam pertemuan itu Irjen Guntur menginginkan adanya kerja sama antara kepolisian dengan Parmusi,” ujar Abubakar, Senin (4/11/2019).

Poin kerja sama itu antara lain adalah, kolaborasi antara kepolisian dengan Dai Parmusi dalam menjalankan misi dakwah Islam di masyarakat melalui pengembangan Desa Madani. Irjen Guntur merasa polisi perlu merangkul ormas Islam termasuk Parmusi dalam membangun gerakan dakwah Islamiyah.

“Tujuannya agar tercipta keamanan dan ketertiban di masyarakat, karena Dai Parmusi tugasnya adalah menanamkan akhlak yang baik melalui nilai-nilai yang terkandung dalam Islam,” jelasnya.

Irjen Guntur, kata Abubakar, ingin kerja sama ini nantinya bisa menjadi percontohan nasional. Dimana seluruh instansi kepolisian di daerah turut bekerja sama mendukung gerakan dakwah Parmusi melalui Desa Madani. Karen dengan begitu, ketertiban dan keamanan bisa semakin terjaga.

“MoU atau kerja sama kesepahaman antara Polda Sulsel dengan Parmusi akan ditandatangani dalam pertemuan antara Kapolda dengan seluruh Kapolsek yang rencananya akan berlangsung pada 12 November mendatang,” ujarnya.

Usamah sebelumnya mengatakan, pada saat Jambore Nasional Dai Parmusi di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango pada 2018 lalu yang dihadiri 5.000 Dai Parmusi, Kapolri yang masih dijabat Jenderal Tito Karnavian menyampaikan, bahwa polisi akan mendukung Gerakan Dakwah Parmusi di seluruh daerah di Indonesia.

Polri mendukung konsep Desa Madani karena program yang dibangun Parmusi ini dibuat dalam rangka mensejahterakan warga masyarakat, khususnya umat Islam di berbagai pelosok tanah air.

Kesejahteraan itu, menurutnya, bukan saja melalui upaya peningkatan iman dan takwa, membangun kemandirian ekonomi, pemberdayaan sosial, kualitas pendidikan, tetapi juga rasa aman dan nyaman warga di seluruh pelosok tanah air dengan menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

“Kami bersyukur dan berterima kasih kepada Kapolda Sulsel Irjen Guntur yang punya komitmen tinggi dalam memajukan gerakan dakwah Islam khususnya di Sulsel. Kerja sama ini diharapkan nantinya bisa menular di daerah lain, sehingga Desa Madani Parmusi bisa semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” jelasnya.

Pada Safari Dakwah Parmusi di Sulsel ini, Usamah Hisyam didampingi Ketua Majelis Penasehat PP Muslimah Parmusi Daisy Astrilita, Ketua Umum Muslimah PP Parmusi Nurhayati Payapo, Ketua Lembaga Dakwah Parmusi (LDP) KH. Syuhada Bahri, dan Bendahara PP Parmusi Dewi Achyani. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here