Kamu Penikmat Cokelat? Yuk Kenali Manfaat Cokelat dan Trik Mengonsumsinya

412

Jakarta, Muslim Obsession – Jika kamu penikmat cokelat, baiknya kamu tidak hanya sekadar jadi penikmat, tapi juga harus tahu manfaat dan trik mengonsumsinya.

Manfaat cokelat ternyata sangat banyak dan tentu saja baik bagi tubuh Anda apabila dikonsumsi secukupnya.

Manfaat cokelat hitam (dark chocolate) misalnya, sangat bergizi dan mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh, menurunkan tekanan darah, serta mencegah diabetes.

Dikutip dari Alodokter, kandungan utama cokelat adalah kokoa. Zat flavanol dalam kokoa memiliki efek antioksidan yang mampu mengurangi kerusakan sel serta menurunkan risiko penyakit tertentu, seperti sakit jantung.

Cokelat Bisa Menekan Risiko Penyakit

Secara umum, cokelat dikenal dengan dua jenis. Pertama cokelat hitam atau dark chocolate. Dan yang kedua cokelat susu atau milk chocolate.

Cokelat hitam dianggap lebih sehat dibanding cokelat susu, karena lebih tinggi kandungan antioksidannya, dan lebih sedikit kandungan gula serta lemaknya. Selain itu, kandungan flavanol dalam cokelat hitam juga lebih banyak dibandingkan cokelat susu.

Salah satu penelitian menyebutkan bahwa cokelat bermanfaat menghindari seseorang terkena penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular). Hal itu dikarenakan efek-efek yang bisa didapatkan dari cokelat terhadap kesehatan, antara lain:

  • Menurunkan tekanan darah. Rata-rata, konsumsi cokelat menekan tekanan darah sistolik hingga dua poin.
  • Dapat meningkatkan HDL (high-density lipoprotein) yang juga dikenal sebagai kolesterol baik. Cokelat juga sekaligus dapat menurunkan LDL (low-density lipoprotein) atau kolesterol jahat.
  • Bagi penderita diabetes, cokelat juga bisa memperbaiki resistensi insulin bagi penderita diabet. Untuk penderita diabetes tipe 2, manfaat lain yang didapatkan adalah meminimalkan komplikasi dari gula darah tinggi.
  • Cokelat juga dapat memperlancar aliran darah, untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Bahkan ada studi lain menemukan bahwa cokelat hitam yang dikonsumsi dapat mengurangi sindrom kelelahan kronis yang dialami tiap hari. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here