Kamil Alsaran, Muslim Pertama dan Tertua yang Berenang di North Channel

247
Kamil Alsaran (Foto: About Islam)

Muslim Obsession North Channel dikenal sebagai salah satu dari tujuh rute tersulit yang menghubungkan Laut Irlandia dengan Samudra Atlantik.

Tetapi seorang perenang Turki telah membuat terobosan, yakni Kamil Alsaran. Ia menjadi Muslim pertama dan lelaki tertua di dunia yang berenang melintasi North Channel. Dia juga menjadi orang Turki pertama yang berenang melintasi Selat Inggris pada 2015, berenang melintasi Selat Utara pada 29 Juli, Kantor Berita Demirören melaporkan.

Pria 58 tahun itu hanya menghabiskan waktu 13 jam dan 55 menit untuk menyelesaikan perjalanan solo. Alsaran mengatakan ia mengalami sejumlah kesulitan selama berenang, termasuk air dingin dan ubur-ubur yang mematikan dan makhluk laut lainnya.

“Berenang melintasi 35 kilometer, saya telah melihat setidaknya 200 atau 300 ubur-ubur,” kata Alsaran, seperti dilansir About Islam, Rabu (21/8/2019).

Istri, putra, dan teman-teman Alsaran menemaninya di atas kapal saat ia berenang melintasi North Channel, sementara empat temannya bergabung dengannya dengan berenang bersama selama 400 meter terakhir.

Untuk diketahui, North Channel kira-kira sama jaraknya dengan Selat Inggris, tetapi memiliki dua perbedaan utama. Yang pertama adalah suhu laut, yang bisa 3-5 derajat lebih rendah dan yang kedua adalah ratusan ubur-ubur Lions Mane yang mengganggu North Channel. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here