Kalau PSBB Lagi, Ridwan Kamil: Kami Sudah Tak Punya Anggaran

82
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Foto: Kompas)

Cianjur, Muslim Obsession – Di tengah meningkatnya pandemi Covid-19 muncul wacana agar pemerintah kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Namun hal itu rupanya tidak semua direspons dengan baik oleh kepala daerah.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil salah satunya. Ia keberatan jika harus menerapkan PSBB. Menurutnya Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah tidak memiliki anggaran untuk menyubsidi warga yang terdampak.

“Kami sudah tidak punya banyak anggaran lagi kalau harus PSBB dengan subsidi, karena uang kita banyak fokus buat beli masker, APD dan lain-lain. Realitanya sepert itu,” kata Emil, panggilan akrab gubernur kepada wartawan di Cianjur, Selasa (22/6/2021).

Emil mengatakan, jika PSBB diberlakukan, maka pemerintah harus menyiapkan bantuan sembako bagi orang atau warga yang di rumah tidak bekerja. Hal itu jadi rumit bagi pihak Pemprov.

“Karena tidak semua orang bisa work from home (WFH). Ada profesi-profesi yang kalau WFH dia tidak dapat penghasilan, dan itu agak rumit lah,” ujar Emil.

Karena itu, Emil berharap lonjakan kasus Covid-19 di Jawa Barat bisa menurun dalam waktu dekat.

“Kita pernah mengalami ini kan di awal tahun, sehingga kita berharap polanya sama, menurun setelah empat minggu. Ini masih ada 2 minggu lagi,” kata Emil.

“Tapi, setelah turun titip jangan dikasih libur lagi. Kalau libur lagi kami di lapangan berulang-ulang lagi dalam hal ini, kira-kira begitu,” pungkasnya. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here