Kalah dari Chen Long, Ginting Gagal Laju ke Final Olimpiade Tokyo

80

Tokyo, Muslim Obsession – Langkah Anthony Sinisuka Ginting untuk maju ke final cabor bulutangkis haru terhenti, setelah ia kalah dengan Chen Long, Minggu (1/8/2021) siang WIB. Tunggal putra Indonesia itu takluk dua set langsung 16-21 dan 11-21 dari

Duel di Musashino Forest Sport Plaza itu sempat berlangsung sengit. Baik Ginting maupun Chen sama-sama tidak membiarkan lawan menuai poin dengan nyaman. Sempat menyamakan skor 5-5, Ginting malah kewalahan.

Beberapa kesalahan sendiri menjadi berkah bagi Chen Long. Lima poin berturut-turut berhasil diambil wakil China itu. Sempat memberi perlawanan, Ginting tetap tertinggal 6-11 saat interval set pertama.

Selepas interval, Chen Long langsung tancap gas untuk menjauh. Dia sempat unggul 8-15, lagi-lagi akibat kesalahan sendiri yang dilakukan Anthony Ginting. Chen Long pun sempat melakukan sejumlah kesalahan di poin-poin kritis.

Akibatnya, Anthony Ginting bisa mendekat menjadi 14-17. Perjuangan Ginting di set pertama pun berakhir. Chen Long menang 16-21 pada set pertama.

Momentum didapat Chen Long. Pebulu tangkis berusia 32 tahun itu kembali berusaha menjauh di awal set kedua. Sama seperti interval pertama, Chen Long lagi-lagi unggul 6-11 atas Ginting.

Keuletan ditunjukkan Ginting setelah interval set kedua. Dia kembali bisa memperkecil skor menjadi 9-12. Akan tetapi, perlawanan Ginting hanya sampai di sana saja. Poin demi poin berhasil diraih pemegang medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016 itu.

Chen Long berhasil memenangi set kedua dengan skor akhir 11-21. Dia pun berhasil lolos ke babak final cabor bulu tangkis Olimpiade Tokyo 2020.

Di final, Chen Long akan menghadapi Viktor Axelsen yang mengalahkan Kevin Cordon di semifinal sebelumnya. Sementara itu, Anthony Ginting akan memperebutkan medali perunggu melawan pebulu tangkis Guatemala tersebut.

Harapan Indonesia untuk meraih medali emas kini tinggal pada nomor ganda putri. Pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu akan berlaga pada Senin (2/8/2021) siang WIB melawan Chen Qingchen/Jia Yifan. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here