Kais Saied, Profesor yang jadi Presiden Terpilih Tunisia

274

Tunis, Muslim Obsession – Seorang profesor di Universitas Tunis, Kais Saied, yang menjadi kandidat presiden independen Tunisia memperoleh 72 persen suara dalam pemilihan presiden yang digelar pada Ahad lalu.

Sementara pesaingnya, Nabil Karoui, meraih 27,4 persen suara. Dalam pidato kemenangannya, Saied berterima kasih kepada para pendukungnya.

“Kita memasuki tahap baru dalam sejarah Tunisia dan kami bertekad akan menghadapi semua tantangan,” tegas dia.

Saied juga berjanji bahwa selama masa jabatannya, Tunisia akan terus mematuhi semua perjanjian internasional.

Setelah mengambil alih jabatan kepresidenan, dia akan bertolak ke Aljazair sebagai kunjungan pertamanya ke luar negeri, kemudian juga Libya yang sedang dilanda gejolak.

Saied akan menggantikan presiden pertama yang dipilih secara bebas di Tunisia, Beji Caid Essebsi, yang wafat pada Juli lalu.

Dikutip dari berbagai sumber, Saied adalah seorang profesor di Universitas Tunis, dan pensiun pada tahun 2018. Dia menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Asosiasi Hukum Konstitusi Tunisia antara 1990 dan 1995 dan telah menjadi wakil presiden organisasi tersebut sejak 1995.

Saied juga menjabat sebagai Dekan Departemen Hukum di Universitas Sousse, sebagai ahli hukum untuk Liga Arab dan Institut Arab untuk Hak Asasi Manusia. Saied juga merupakan anggota komite ahli yang diundang untuk memberikan komentar kepada rancangan Konstitusi Tunisia pada tahun 2014

Kais Saied adalah putra Moncef Saied dari Béni Khiar (Cap Bon) dan Lalla Zakia, sebuah keluarga dengan asal sederhana namun intelektual. Paman dari pihak ayah Hicham Saied adalah ahli bedah anak pertama di Tunisia, yang dikenal di seluruh dunia karena memisahkan kembar siam pada tahun 1970-an.

Saied adalah penulis sejumlah karya tentang hukum konstitusional. Kais Saied menikah dengan hakim Ichraf Chebil, yang dia temui ketika dia masih menjadi seorang mahasiswa hukum di Sousse. Mereka pun memiliki tiga anak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here