Kagumi Budaya Islam, Wanita Hindu Ini Ikut Berpuasa

240

New Delhi, Muslim Obsession – Jayshree Shukla, wanita Brahmana Hindu ikut melaksanakan puasa Ramadhan bersama umat Islam.

Hal ini ia lakukan sebagai upaya untuk mempromosikan kerukunan dan kedamaian bersama di antara semua agama.

Wanita berusia 52 tahun itu mengaku dengan berpuasa adalah caranya menyebarkan cinta, perdamaian, dan meningkatkan persaudaraan.

Semua ini dimulai sejak kecintaan terhadap warisan dan fotografi pada tahun 2015 yang segera berubah menjadi kecintaan yang besar terhadap sebuah kota di dalam kota: Shahjahanabad.

“Bagian-bagian tua Delhi, yang terdiri dari Masjid Jama di Shahjahanabad, menjadi fokus utama saya,” katanya seperti dilansir Arab News, Senin (4/5/2020).

“Ketertarikan saya yang kuat pada warisan membuat saya menghabiskan waktu berjam-jam di daerah tersebut, sehingga memperkenalkan saya pada Ganga-Jamuni Tehzeeb dan Ramadhan,” ungkapnya tentang budaya India Utara pusat, yang memadukan unsur budaya Hindu dan agama Islam.

Kunjungan berkali-kali ke salah satu masjid terbesar di India, Masjid Jama, sebagai pengamat dan fotografer, membuat Shukla berbaur dengan Muslim.

Terpikat oleh rasa inklusif dan penerimaan penuh oleh komunitas, ia jatuh cinta dengan budaya Islam.

Bagi Shukla, dengan berpuasa dia berharap untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan mempromosikan empati.

“Di masjid, tidak ada yang bertanya kepada saya agama apa yang saya anut. Di malam hari, saat berbuka puasa, orang-orang akan menawarkan saya makanan yang mereka bawa dari rumah. Hal ini menyentuh saya. Saya adalah minoritas namun diperlakukan dengan sangat hormat dan cinta,” ujar Shukla, yang mengalami Ramadhan pertamanya pada tahun 2019.

Setelah hasil pemilihan umum India pada tahun 2019, Shukla mengatakan dia merasa ada kebutuhan untuk membangun jembatan karena meningkatnya kebencian dan polarisasi.

Shukla percaya penting untuk menunjukkan solidaritas kepada komunitas Muslim dan meskipun ada tekanan dari keluarga besarnya. Namun ia bersyukur bisa mengamati hari-hari puasa dengan bantuan sopir keluarganya, Mohammad.

Suaminya, Rajesh Srivastava, sudah mengadakan pesta buka puasa di rumah leluhurnya di Uttar Pradesh, India Utara selama beberapa tahun terakhir.

“Tidak ada yang langsung menanyai saya, tetapi beberapa anggota keluarga tidak nyaman,” tandas Shukla.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here