Kaesang Kalahkan Bisnis Jokowi

212
Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep (Foto; Antara)

Jakarta, Muslim Obsession – Presiden Joko Widodo mengaku awalnya heran dengan pilihan anak bungsunya yaitu Kaesang Pangarep yang memilih menjadi penjual pisang goreng.

Padahal Jokowi meninginkan Kaesang mengurus perusahaan mebel yang telah dirintisnya sejak nol. Tapi kini keraguan Jokowi dijawab oleh putranya tersebut.

” Apa sih ini pisang goreng nugget ini?” tulis Jokowi di unggahan Instagramnya, @Jokowi, Ahad, (10/2/2019).

View this post on Instagram

Dulu, saya menganggap remeh bisnis pisang goreng nugget yang dikelola Kaesang. Apa sih ini pisang goreng nugget ini? Kenapa Kaesang tak mau mengurus perusahaan mebel yang saya rintis dari nol? Saya baru antusias ketika usaha anak bungsu saya ini sudah memiliki 54 cabang. Saya sampai bertanya berapa ongkos produksi dan omzetnya. Ternyata, dihitung-hitung, pabrik saya sendiri sudah kalah oleh Sang Pisang. Bagaimana bisa. Saya juga pernah mampir di outlet Tuku Kopi yang pemiliknya masih sangat muda. Mau masuk saja antre, dan saya pun ikut antre. Ternyata, produk minuman kopi Tuku Kopi yang harganya Rp18.000 itu memang berkualitas tinggi, tidak kalah dengan merek asing. Saya bilang ke pemiliknya agar buka gerai jangan hanya satu, tapi sebanyak-banyaknya. Begitulah. Anak-anak muda sekarang ini memiliki peluang yang besar untuk mengembangkan apapun. Pada Festival Terampil 2019 di The Kasablanka Hall, Jakarta kemarin saya menyampaikan agar mereka jangan gampang mengeluh kalau menghadapi persoalan atau hambatan. Dari masalah dan hambatanlah kita bisa belajar banyak.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

Sikap meremehkan Jokowi itu akhirnya terjawab sudah. Usai mengamati perkembangan bisnis pisang gorengnya, Jokowi mengaku jika putra bungsunya justru lebih sukses darinya.

Saat ini bisnis pisang nugget Kaesang sudah memiliki 54 cabang di seluruh Indonesia. Jokowi pun iseng bertanya tentang ongkos produksi dan omzet yang selama ini diperoleh Kaesang.

Dari analisa Jokowi, bisnis pisang nugget Kaesang sudah mengalahkan mozet perusahaan mebelnya.

Pabrik Mebel Dikalahkan Kaesang

“Ternyata, dihitung-hitung, pabrik saya sendiri sudah kalah oleh Sang Pisang. Bagaimana bisa,” tanya Jokowi keheranan.

Pengetahuan Jokowi tentang bisnis anak kekinian semakin bertambah saat dia menyempatkan mampir ke outlet Tuku Kopi yang pemiliknya sama-sama masih sangat muda.

“Mau masuk saja antre, dan saya pun ikut antre,” ujarnya.

Dari perbincangan dengan pemilik outlet tersebut, Jokowi mengetahui jika kopi yang dijual seharga Rp18.000 itu memiliki kualitas yang tak kalah dengan merek asing.

“Saya bilang ke pemiliknya agar buka gerai jangan hanya satu, tapi sebanyak-banyaknya,” ujarnya.

Berbekal pengalaman tersebut, presiden mengajak anak muda saat untuk untuk mulai memikirkan membuka bisnis peluang yang lebih luas besar untuk mengembangkan apapun.

“Pada Festival Terampil 2019 di The Kasablanka Hall, Jakarta kemarin saya menyampaikan agar mereka jangan gampang mengeluh kalau menghadapi persoalan atau hambatan. Dari masalah dan hambatanlah kita bisa belajar banyak,” katanya. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here