Kabar Penutupan 500 Gereja di London, Begini Fakta Sebenarnya!

4019
Masjid di London (Foto: aboutislam.net)

Jakarta, Muslim Obsession – Baru-baru ini situs YourNewsWire.com melansir bahwa London menutup 500 Gereja dan membangun 423 Masjid baru. Pernyataan ini kemudian ditanggapi situs web Snopes, dikutip Selasa (5/6/2018).

Situs web Snopes.com ini merupakan situs pengecekan fakta pertama dan terbesar di Internet. Lebih dari dua puluh tahun Snopes.com dianggap sebagai media penelitian online tentang rumor dan misinformasi, yang ilmiah dan dapat diandalkan.

Tepatnya pada 5 Maret 2018, YourNewsWire.com menerbitkan sebuah artikel peringatan tentang dugaan “Islamisasi” di London. Mereka mengklaim bahwa London telah menutup 500 gereja dan membuka 423 masjid baru.

“Islamisasi yang merayap di London hampir selesai, dengan ratusan pengadilan syariah resmi beroperasi di ibukota, dan masjid-masjid dibuka di mana gereja-gereja Kristen yang terkenal telah berdiri selama ratusan tahun,” tulis YourNewsWire.com.

Snopes menilai bahwa data yang mereka miliki tidak akurat dan seimbang. Snopes mengklaim artikel tersebut mengacu pada pernyataan Gatestone Institute pada April 2017, yang mengatakan bahwa Muslim akan memimpin dunia dan diduga dimulai dari London.

423 Masjid Baru?

Untuk klaim masjid “baru” mereka, Gatestone menggunakan peta masjid di London dari MuslimInBritain.org, sebuah blog yang didedikasikan untuk membuat katalog masjid-masjid di Inggris.

Namun peta itu sendiri tidak mengklaim sebagai katalog masjid “baru”, dan sejumlah masjid yang termasuk dalam peta itu dibangun dengan baik sebelum tahun 2000.

Masjid Finsbury Park, misalnya, dibangun pada 1990-an, dan Masjid Leytonstone dibangun pada tahun 1976. Sementara YourNewsWire.com dan Gatestone sama-sama berusaha menciptakan kesan bahwa masjid-masjid besar seperti katedral sedang “dibangun di atas keruntuhan agama Kristen”.

Faktanya, banyak masjid di Inggris bermula dari rumah atau bangunan yang sengaja diubah. Menurut MuslimInBritain.org, mayoritas masjid di Inggris adalah bangunan kecil dengan kurang dari 300 populasi.

Laporan tahun 2012 di ArchitectsJournal.com juga mencatat bahwa mayoritas masjid di Inggris bukan struktur yang dibangun berdasarkan tujuan tertentu. Jadi, tidak ada angka pasti jumlah masjid di Inggris saat ini.

Meskipun diperkirakan, masjid berada di 1.500 daerah di London. Maka dari jumlah ini, sekitar 200 masjid dibangun berdasarkan tujuan, sisanya adalah rumah yang dikonversi atau konversi non-perumahan lainnya.

500 Gereja Ditutup?

Klaim Gatestone bahwa 500 gereja telah ditutup sejak tahun 2001 juga didasarkan pada penelitian yang buruk. Angka ini diduga berasal dari artikel Wall Street Journal 2012 tentang kecenderungan Inggris untuk mengubah gereja-gereja tua menjadi rumah pribadi:

Meskipun masih relatif jarang di AS, penggunaan kembali adaptif gereja telah menjadi praktek yang populer di negara lain, seperti Inggris. Pada tahun 2006, Royal Institution of Chartered Surveyors menemukan bahwa sejak tahun 2001, sekitar 500 gereja di London saja telah diubah menjadi rumah.

Namun di negara lain, seperti Jerman dan Rusia, orang yang hidup di tempat bekas bangunan gereja dianggap tidak sopan, kata Bart Kellerhuis dari perusahaan Zecc Architects yang bermarkas di Utrecht, yang telah melakukan beberapa konversi dari rumah ke rumah di Belanda.

Meski demikian, pernyataan tentang penutupan 500 gereja tersebut tidak dikatakan kapan gereja-gereja ini benar-benar telah ditutup, yang berarti bahwa beberapa gereja yang dikonversi mungkin telah ditutup sebelum tahun 2001. Angka itu juga mengecualikan gereja-gereja yang telah ditutup sejak tahun 2001 yang tidak diubah menjadi rumah.

Fakta ini tidak seimbang karena tidak menyebutkan berapa banyak gereja baru di London sejak 2001. Dr. Peter Brierley, seorang ahli terkemuka mengenai statistik agama Inggris dan penulis laporan Statistik Gereja Inggris, menemukan bahwa London memiliki 700 gereja baru antara 2005 dan 2012. Dari angka tersebut, artinya jumlah gereja di Inggris benar-benar meningkat antara tahun 2008 dan 2013.

Sementara jumlah secara keseluruhan hanya berubah perlahan. Jumlah gereja dikatakan meningkat antara tahun 2008 dan 2013 dan diperkirakan akan berlanjut antara 2013 dan 2020. Bahkan, diperkirakan akan ada 40.080 gereja di Inggris pada tahun 2020. (Vina)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here