Kabar Duka, Pengasuh Ponpes Lirboyo Meninggal Dunia

507
Almarhum KH. Ahmad Habibullah Zaini, pengasuh Ponpes Lirboyo, Kediri. (Foto: lirboyo.net)

Muslim Obsession – Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un. Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, KH. Ahmad Habibullah Zaini meninggal dunia pada Senin (10/2/2020). Kiai yang lahir Agustus 1954 ini mengembuskan nafas terakhir di RS Darmo Surabaya.

Kabar duka disampaikan lewat akun twitter Pesantren Lirboyo. “Telah berpulang ke Rahmatullah Pengasuh Pesantren Pondok Pesantren Lirboyo Kediri KH Ahmad Habibullah Zaini di RS Darmo Surabaya. Semoga amal ibadah beliau diterima di sisi Allah,” tulis pengumuman di akun pesantren Lirboyo.

Almarhum merupakan putra kedua dari pasangan KH Zaini Munawir Krapyak dan Nyai Qomariyyah ‘Abdul Karim Lirboyo. Dalam berumah tangga Kiai Zaini dan Nyai Qomariyah dikaruniai empat orang putra. Yakni, Muhammad Rifqi Widodo yang meninggal pada saat masih belia, kemudian Almarhum KH Thaha Zaini, KH Habibullah Zaini dan putra bungsunya almarhum Hasan Zaini.

Sejak kecil Kiai Habibullah Zaini belajar di bawah asuhan orangtua dan para gurunya di pesantren Lirboyo. Kemudian melanjutkan nyantri di pesantren yang terletak di desa Tanggir Kabupaten Tuban Jawa Timur di bawah asuhan KH Muslich ‘Abdul Karim.

Usai nyantri di Tanggir, kembali ke Pesantren Lirboyo untuk menikah kemudian berkhidmah dengan mengajar di madrasah dan mengasuh para santri.

Karena sosoknya yang bersahaja, tekun, dan telaten, pada masa kepengasuhan KH Idris Marzuqi, alhmarhum mendapatkan amanah untuk menjadi Kepala Madrasah Hidayatul Mubtadi’in Pesantren Lirboyo. Dan saat ini pun adalah salah seorang pengasuh dari salah satu cabang pesantren tersebut.

اَللهُمَّ اغْفِرْلَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارًاخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلاً خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَاَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَاَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ.

Aamiin Yaa Allah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here