Jusuf Kalla Harapkan Masjid Jadi Pusat Kesejahteraan Umat

497
Muktamar 7
Wakil Presiden RI Jusuf Kalla membuka Muktamar VII Dewan Masjid Indonesia di Asrama Haji Pondok Gede, Sabtu (11/11/2017).

Jakarta, MuslimObsession.com – Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) berharap masjid berperan sebagai pusat kesejahteraan umat. Seperti halnya fungsi masjid di era Nabi Muhammad Saw., dimana masjid berfungsi sebagai pusat pendidikan, sosialisasi umat, hingga tempat mengatur skema perang.

Kini fungsi tersebut, menurutnya, dapat disesuaikan. Antara lain dengan membangun perekonomian di sekitar masjid, seperti penyewaan sound system masjid yang hasilnya masuk ke kas masjid.

“Misalnya ada acara dangdutan atau di sewakan sound system tidak apa-apa itu kan memanfaatkan fasilitas kayak ceramah atau apa, tapi asalkan itu masuk kas mesjid,” kata JK yang juga Ketua Umum PP DMI, saat membuka Muktamar VII Dewan Masjid Indonesia di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Sabtu (11/11/2017).

Terkait sound system, JK mengingatkan agar setiap masjid memiliki sound system yang bagus agar jemaah dapat beribadah dan mendengarkan ceramah dengan baik. JK pun berencana menambah sekitar 100 mobil revitalisasi akustik kepada DMI.

“Masjid juga bisa membuat pendidikan anak usia dini (PAUD) untuk memanfaatkan waktu kosong masjid yakni sekitar Subuh hingga Dzuhur sebagai tempat belajar,” tambah JK.

Muktamar VII DMI berlangsung sejak Jumat (10/11/2017) hingga Ahad (12/11/2017) dengan tema “Mantapkan Akselerasi Memakmurkan dan Dimakmurkan Masjid”.

Pada pembukaan tadi pagi, turut hadir Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil, Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara, Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso, pimpinan daerah DMI seluruh Indonesia, dan pimpinan ormas-ormas Islam.

Muktamar ini diikuti sekitar 1.300 muktamirin, terdiri dari seluruh Pimpinan Wilayah (PW DMI) seluruh propinsi dan Pimpinan Daerah (PD DMI) seluruh Kabupaten/Kota seluruh Indonesia. dan tamu-tamu undangan serta perwakilan pengurus Masjid Raya di tingkat provinsi.

Selain menggelar muktamar, ada pula kegiatan pameran yang akan menghadirkan Halal Weekend Market (Pasar Halal Akhir Pekan), Creative Design Competition (Kompetisi Cipta Kreatif), Performing Art (Pentas Seni dan Tari), Community Gathering (Silaturrahim Komunitas), dan Children Competition (Perlombaan Khusus Anak-anak). (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here