Jus Alpukat, Enak dan Banyak Manfaatnya

164
Alpukat. (Foto: snaped)

Muslim Obsession – Alpukat menjadi salah satu pilihan untuk dikonsumsi sebagai jus buah. Tidak cuma enak, alpukat juga menyimpan banyak manfaat karena hampir 20 vitamin dan mineral terkandung di dalamnya.

Buah berwarna hijau pekat ini diketahui mengandung kalium, magnesium, lutein, karbohidrat, protein, dan folat. Juga mengandung beragam vitamin seperti vitamin A, B, C, E, K serta rendah kandungan gula, namun kaya lemak dan serat.

Meski memiliki kandungan lemak yang tinggi, nyatanya alpukat aman jika dikonsumsi secara tidak berlebihan, karena lemak yang dikandungnya adalah lemak baik, yaitu lemak tak jenuh tunggal.

Karena kandungan nutrisinya yang beragam, alpukat baik untuk dikonsumsi siapa saja, dari bayi hingga orang dewasa. Dan terpenting, alpukat juga diketahui memiliki banyak manfaat. Apa saja?

Menurunkan kolesterol jahat

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal. Mengkonsumsi alpukat disertai pola makan sehat dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), sehingga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Hanya saja harus diperhatikan bahwa jangan mengonsumsi alpukat secara berlebihan.

Baik bagi ibu hamil

Alpukat sangat kaya akan folat, sehingga buah ini baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Folat sangat berperan dalam melindungi ibu hamil, khususnya membantu perbaikan sel tubuh selama kehamilan.

Untuk menjaga berat badan

Umumnya, orang yang mengonsumsi alpukat biasanya memiliki pola makan yang juga sehat, seperti rajin makan sayuran dan diet rendah gula. Kebiasaan ini berpengaruh kepada kestabilan berat badan, lingkar pinggang, dan indeks massa tubuh sehingga orang yang mengonsumsinya memiliki kesehatan yang lebih baik.

Baik bagi kesehatan jantung

Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat bisa membuat jantung selalu terjaga dalam keadaan sehat sekaligus mengurangi risiko serangan penyakit jantung. Rutin mengonsumsi alpukat, akan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh hingga 13,5 mg/dL. Hal ini berarti, tubuh akan lebih baik dalam membersihkan pembuluh darah sehingga risiko terkena penyakit jantung pun menurun secara signifikan.

Berdampak baik bai penderita osteoarthtritis

Ekstrak alpukat dengan minyak kedelai atau biasa disebut dengan Avocado Soybean Unsaponifiables (ASU) diyakini memiliki manfaat bagi penderita osteoarthritis. Produk ini diklaim bisa mengurangi rasa sakit dan secara umum berdampak baik bagi penderita osteoarthritis.

Bisa mengurangi risiko kanker

Ekstrak alpukat yang memiliki antioksidan tinggi juga diyakini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, seperti pada kanker prostat dan kanker mulut. Namun, penelitian ini kebanyakan terbatas pada penelitian di laboratorium, dan belum banyak penelitian yang menguji efek alpukat secara klinis dalam mengurangi risiko kanker.

Baik untuk kesehatan mata

Alpukat mengandung lutein dan zeaxanthin yang diklaim baik untuk menjaga kesehatan mata. Kedua zat tersebut bertindak sebagai antioksidan yang mampu mengurangi kerusakan mata, seperti katarak, dan meminimalkan risiko terjadinya degenerasi makula terkait pertambahan usia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here