Jurnalis Palestina Protes Pemblokiran Akun oleh Facebook

416
Puluhan jurnalis Palestina melakukan aksi protes terhadap Facebook pasca pemblokiran sepihak ratusan akun milik mereka (Photo: Middle East Eye)

Gaza, Muslim Obsession – Puluhan jurnalis Palestina menggelar aksi di luar kantor PBB di Gaza, pada Senin (5/3/2018) waktu setempat. Pengunjuk rasa memprotes tindakan Facebook yang melakukan pemblokiran secara sepihak terhadap ratusan akun Facebook Palestina.

Menurut juru bicara Hamas, Salama Maarouf, Facebook telah memblokir sekitar 200 akun Palestina pada tahun 2017. Serta 100 akun lainnya sejak awal 2018, dengan dalih “akun palsu”.

Salama juga menuding Facebook, sebagai media sosial popular yang telah melanggar kebebasan mengeluarkan pendapat dan berekspresi.

Dia kemudian membandingkan dengan menyebut sekitar 20% akun Facebook Israel yang secara terbuka menghasut kekerasan terhadap orang-orang Palestina, justru tidak diberikan tindakan apapun.

Aksi tersebut digelar oleh Komite Dukungan Jurnalis Palestina (JSC). Para peserta aksi memegang spanduk bertuliskan “Facebook terlibat dalam kejahatan (Israel)” juga tulisan “Facebook menyukai pendudukan (Israel)”.

Sebagaimana dikutip dari Middle East Eye, Selasa (6/3/2018), Salah Al-Masri, ketua JSC telah menuding Facebook bersikap tidak adil dan diskriminatif.

“Facebook adalah media sosial yang mempromosikan komunikasi antar komunitas, berita dan budaya mereka. Namun, hari ini, Facebook menjadi media keamanan yang melayani Israel,” pungkasnya. (Vina)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here