Juni, Kota Tangsel Jadi Tuan Rumah Apeksi VI

167
Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany. (Foto: Istimewa)

Tangsel, Muslim Obsession – Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terpilih sebagai tuan rumah Musyawarah Nasional (Munas) ke VI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) yang akan dilaksanakan pada tanggal 30 Juni hingga 3 Juli 2020 mendatang.

Munas ke VI APEKSI yang mengambil tema”Profesionalisme Aparatur Sipil Negara” ini akan dihadiri oleh 98 wali kota di seluruh Indonesia.

Untuk memulai rangkaian tersebut, Pemkot Tangsel mengadakan launching Munas Apeksi yang diselenggarakan di Hotel Santika Bintaro, Tangsel, Rabu (19/2/2020).

Launching dipimpin langsung oleh Gubenur Banten Wahidin Halim, Ketua Dewan Apeksi sekaligus Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany, Wali Kota Jambi Syarif Fasha, Wali Kota Bogor Bima Arya, Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie, dengan memencet simbol lima jari sebagai dibukanya penyelenggaran Apeksi.

Ketua Dewan Apeksi Airin Rachmi Diany menjelaskan, bahwa penunjukkan Kota Tangerang Selatan sebagai tempat penyelenggara Musyawarah Nasional (Munas) dan Indonesia City Expo berdasarkan Keputusan Rakernas Apeksi Tahun 2019 di Kota Semarang.

Telah menjadi tradisi APEKSI bahwa setiap diselenggarakan Munas atau Rakernas Apeksi, maka akan selalu diikuti dengan penyelenggaraan Indonesia City Expo dan Indonesia City Expo Tahun 2020 di Kota Tangerang Selatan ini merupakan penyelenggaraan yang ke – 18.

Indonesia City Expo merupakan gelaran pameran pemerintah kota-kota di seluruh Indonesia yang diselenggarakan oleh Apeksi bekerjasama dengan PT Inmark Communication serta Pemerintah Kota Tangerang Selatan tentunya selaku tuan rumah.

Penyelenggaraan Indonesia City Expo ini merupakan kegiatan yang sangat tepat dan strategis, karena kegiatan ini merupakan salah satu ajang bisnis, promosi, dan informasi produk serta jasa unggulan dari kota-kota anggota APEKSI.

“Melalui Indonesia City Expo ini kita berharap dapat mendorong para pengusaha lokal maupun nasional untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini sekaligus untuk menampilkan atau mengenalkan berbagai type dan unggulan yang dimiliki, sehingga kegiatan ini dapat dimanfaatkan dan dijadikan ajang atau peluang untuk melaksanakan kerjasama disegala bidang,” jelasnya.

Ajang Indonesia City Expo ini akan dapat meningkatkan transaksi jual beli, baik seketika maupun yang kemudian dilaksanakan demi menumbuhkan ekonomi daerah dan demi mengokohkan ekonomi nasional.

Sebagai tuan rumah, Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie berharap masyarakat dan Kota Tangerang Selatan dapat menjadi tuan rumah yang baik dalam pelaksanaan Munas ke VI APEKSI 2020 mendatang.

Benyamin mendorong para pengrajin dan pelaku ekonomi kreatif Kota Tangerang Selatan untuk menampilkan dan pamerkan produknya kepada tamu undangan. Sebab Munas akan dihadiri oleh kurang lebih 3000 undangan dari 98 Kota.

“Saya berharap Munas berjalan dengan lancar dan aman. Dalam pelaksanaan Munas akan memberikan dampak positif bagi Kota Tangerang Selatan. Pertama siklus ekonomi kemudian juga kehadiran pagelaran budaya akan memperkenalkan kesenian dan kebudayaan Tangerang Selatan kepada masyarakat luas,” ujarnya.

Gubenur Banten Wahidin Halim, berharap apa yang akan diselenggarakan berjalan dengan lancar. “Saya berharap suasana dan dinamika di pemkot berjalan normal dengan pelaksanaan kegiatan ini, “harapnya.

Rangkaian kegiatan Munas VI Apeksi antara lain meliputi Welcome Dinner oleh Wali Kota Tangerang Selatan tanggal 30 Juli 2020 pukul 19.00 WIB sampai dengan selesai di Gedung Kantor Wali KotaTangerang Selatan.

Munas Apeksi tanggal 1 dan 2 Juli 2020 di Hotel Santika Premiere Bintaro Kota Tangerang Selatan; Ladies Program tanggal 1 dan 2 Juli 2020; Indonesia City Expo tanggal 30 Juni sampai dengan 3 Juli 2020 bertempat di Lapangan BFF Bintaro Tangerang Selatan; Pawai Budaya dari Pemerintah Kota peserta Munas yang pelaksanaannya dipadukan dengan acara Pembukaan Indonesia City Expo tanggal 1 Juli 2020.

Munas ini juga dimeriahkan dengan penampilan kesenian Kota-kota selama Indonesia City Expo berlangsung; Penanaman Pohon berupa pohon khas daerah tiap-tiap kota, tanggal 2 Juli 2020; dan City Tour pada tanggal 2 Juli 2020. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here