Jumlah Muslim Diprediksi Nomor Dua Terbesar di AS

766

Jakarta, Muslim Obsession  – Pertumbuhan umat Muslim di Amerika Serikat setiap tahun terus meningkat. Bahkan diprediksi pada tahun 2050, jumlah umat Muslim mencapai 8,1 juta atau 2,1 persen dari total populasi Amerika Serikat. Islam diperkirakan akan menjadi kelompok agama terbesar kedua di Amerika Serikat setelah Kristen.

Hal itu terungkap dalam laporan terbaru yang disampaikan Aljazeera, Selasa (9/1/2018). Penelitian yang dilakukan Pew Research Center menyebutkan bahwa ada sebanyak 3,45 juta muslim yang tinggal di Amerika Serikat pada 2017 yang berarti sekitar 1,1 persen dari total populasi.

Saat ini Yahudi menjadi kelompok agama terbesar kedua di Amerika Serikat dan jumlah penganutnya lebih banyak dibandingkan umat muslim. Namun keadaan itu diperkirakan akan berubah pada 2040. Pew Research Center menyebutkan bahwa populasi Muslim di Amerika Serikat akan tumbuh lebih cepat daripada populasi Yahudi.

Jumlah penganut Islam di Amerika Serikat telah berkembang sekitar 100.000 per tahun. Dalam peta demografi dan survei yang dilakukan Pew Center terlihat bahwa hal tersebut disebabkan tingginya migrasi umat Islam dan tingginya tingkat kesuburan di kalangan muslim Amerika Serikat.

Warga muslim Amerika Serikat didominasi oleh beberapa etnis dari Timur Tengah dan Afrika seperti dari Suriah, Irak, Iran, Libya, Somalia, Sudan, dan Yaman. Jumlah imigran muslim Amerika Serikat tersebut terus bertambah setiap tahunnya. Hal ini akan berdampak positif pada jumlah pertumbuhan umat Muslim di sana.

Meski di awal tahun 2017 lalu Presiden Amerika Serikat Donald Trump sempat melarang warga dari sejumlah negara muslim seperti Iran, Irak, Libya, Somalia, Sudan, dan Yaman untuk masuk ke Amerika Serikat, hal itu tidak berpengaruh terhadap tingkat populasi Islam di Amerika Serikat.

Bertambahnya warga muslim di sana tidak hanya terjadi karena tingkat migrasi Muslim yang tinggi. Banyaknya mualaf yang memutuskan menganut Islam juga menjadi penyebabnya.

“Sejak perkiraan pertama kami pada 2007 mengenai populasi Muslim Amerika, jumlah Muslim Amerika Serikat sudah berkembang pesat,” demikian pernyataan Pew Research.

Kristen sejauh ini merupakan agama terbesar di Amerika Serikat dengan denominasi yang berbeda mewakili sekitar 71 persen populasinya. (Albar)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here