Jumlah Istri Nabi Muhammad ﷺ dan Biografi Singkatnya

213

Jakarta, Muslim Obsession – Rasulullah ﷺ memiliki beberapa kekhususan (khushushiyah) yang menunjukkan kemuliaan beliau. Salah satu khushushiyah tersebut adalah memiliki istri lebih dari empat, sebagai batas yang diberlakukan kepada umatnya.

Hanya saja, ada perbedaan tentang jumlah istri beliau. Baginda Rasulullah ﷺ disebut memiliki 11 istri, namun versi lain menyebut mereka berjumlah 12 orang.

Mengutip Bincang Syariah, berdasarkan keterangan ‘Abd Al-Rahim Al-‘Iraqi dalam Alfiyyah Al-Sirah Al-Nabawiyyah terkait perbedaan jumlah istri Nabi ﷺ, perbedaan itu disebabkan karena khilafiyah ulama antara memasukkan Mariyah Al-Mishyriyyah Al-Qibtiyyah sebagai budak ataukah sebagai istri Nabi ﷺ.

BACA JUGA: Maulid Nabi, Mengenal Lebih Dekat Rasulullah ﷺ

Mariyah al-Qibthiyyah diketahui adalah seorang budak yang dihadiahkan oleh Raja Mesir kepada Nabi Muhammad ﷺ. Dari Mariyah, Rasulullah ﷺ dikarunia seorang anak bernama Ibrahim yang meninggal di waktu kecil. Mariyah wafat pada tahun ke-12 atau 16 Hijriyah.

Pendapat yang paling banyak diikuti menyebut bahwa Mariyah merupakan budak Nabi, sehingga istri Nabi hanyalah 11 orang. Masing-masing sebanyak 6 orang berasal dari suku Quraisy, 4 orang dari suku Arab selain Quraisy dan 1 orang berasal dari Bani Israil.

Hal lain yang perlu diketahui di sini adalah bahwa seluruh istri Nabi Muhammad ﷺ adalah janda dan satu-satunya yang dinikahi Nabi dalam keadaan perawan adalah ‘Aisyah bintu Abi Bakr radhiyallahu ‘anha.

Nabi ﷺ pun tidak berpoligami kecuali setelah meninggalnya istri pertama beliau, Khadijah Bintu Khuwailid radhiyallahu ‘anha.

Berikut ini adalah istri-istri Nabi Muhammad ﷺ atau yang lebih dikenal dengan Ummahatul Mukminin:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here