Juara, Jamaah Asal Solo Sudah Berihram Seluruhnya

458
Jamaah Haji Solo (Foto: PHU)

Jeddah, Muslim Obsession – Masih banyak dijumpai jamaah haji gelombang dua belum berihram. Bukan hanya sebagian yang tidak berihram dalam satu kloter, bahkan beberapa kloter yang tiba tampak “kompak” masih berbatik haji. Pemandangan ini tampak sampai pada hari kedua kedatangan jamaah haji di Jeddah, Selasa (31/7/2018).

Kredit poin dan penghargaan perlu disampaikan kepada Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo. Bukan tanpa sebab, apresiasi ini diberikan atas kepatuhannya menjalankan himbauan agar jamaah haji berihram sejak dari embarkasi. Paling tidak jamaah haji asal Solo merupakan satu-satunya embarkasi yang seluruh jamaahnya telah berihram saat tiba di Bandara King Abdul Aziz (KAA), Jeddah.

Seperti SOC 44, sebanyak 165 jamaah laki-laki Embarkasi Solo nampak seluruhnya telah berpakaian ihram saat tiba di Bandara KAA Jeddah pada Senin (30/7) pukul 18.30 waktu setempat. Sebanyak 195 jamaah perempuan juga sudah siap dengan pakaian muslimah berwarna putih.

Saat keluar bandara melalui Gate B terminal haji Bandara KAA, Jeddah, jamaah bisa langsung didorong memasuki bus. Mereka kemudian langsung membaca niat ihram sebelum bertolak ke Makkah untuk melaksanakan umrah.

“Memang sudah disuruh pakai dari embarkasi sama petugas,” kata salah seorang jamaah kloter tersebut, seperti dirilis PHU, Rabu (1/8).

Jamaah asal Solo memang terlihat sudah berihram seluruhnya sejak kedatangan SOC-43, sebagai kloter pertama asal Solo yang mendarat di Jeddah. Sampai dengan Selasa (31/7) sore, jamaah asal Solo yang paling konsisten, seperti terakhir SOC-46 yang tiba Selasa siang juga seluruhnya telah berihram.

Sayangnya, yang dilakukan jamaah kloter tersebut belum sepenuhnya dicontoh jamaah kloter lain. Daker Bandara PPIH Arab Saudi mencatat, satu kloter Embarkasi Padang, misalnya hanya 0,5 persen yang telah mengenakan pakaian ihram.

Sementara, salah satu kloter dari Embarkasi Jakarta-Bekasi, kemarin hanya 50 persen yang berpakaian ihram. Terkait hal tersebut, berbagai pihak telah meminta petugas di berbagai embarkasi di Tanah Air mendorong anjuran berpakaian ihram di Tanah Air.

“Dimohon kepada seluruh Kakamenag (Kepala Kantor Kementarian Agama) menghimbau kepada seluruh jamaah haji gelombang kedua untuk dapat melakukan mandi sunah ihram dan menggunakan kain ihram di embarkasi keberangkatan,” kata Direktur Bina Haji Kemenag Khoirizi Dasir dalam imbauannya.

Hal tersebut, kata dia, mengingat semakin singkatnya proses kedatangan di Bandara KAA Jeddah karena sebagian proses pemeriksaan keimigrasian sudah dilakukan di Tanah Air.

“Mohon dapat disosialisasikan untuk kelancaran proses pendorongan di Jeddah,” kata dia.

Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Bandara PPIH Arab Saudi Arsyad Hidayat mengingatkan, harapan dari Arab Saudi agar jamaah bisa bergerak lebih cepat. Ini terkait dengan tekad mereka membuat pengelolaan haji yang efisien. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here