Jokowi Sambangi Tempat Pengungsian Rohingya di Bangladesh

589
Perdana Menteri Sheikh Hasina sedang berbincang dengan Presiden Indonesia Joko Widodo. Beliau tiba di Dhaka pada hari Sabtu dalam kunjungan dua hari. (Photo: PID)

Bangladesh, Muslim Obsession – Bangladesh disebut telah memberikan contoh aksi kemanusiaan dengan melindungi lebih dari satu juta pengungsi dari Negara Bagian Rakhine. Demikian dikatakan Presiden RI Joko Widodo saat berkunjung ke Bangladesh, Ahad malam (28/1/2018).

Jokowi pun sangat mengapresiasi masyarakat Bangladesh, karena kemurahan hati dan tindakan kemanusiaan mereka.

“Bangladesh benar-benar layak mendapat penghargaan untuk itu,” ujarnya, dilansir The Daily Star pada Senin (29/1/2018).

Jokowi juga menyampaikan sambutan saat mengunjungi kamp Rohingya di wilayah tersebut.

Dilaporkan sejak 25 Agustus 2017, lebih dari 688.000 orang Rohingya telah melarikan diri dari Myanmar ke Bangladesh.

Presiden juga mengunjungi rumah sakit, pusat pendidikan anak-anak dan fasilitas penyediaan air bersih di sebuah kamp. Ia juga mempresentasikan beberapa mainan untuk anak-anak Rohingya.

Jokowi pergi ke kamp Jamthali Rohingya di Ukhia sekitar pukul 14.30. Ibu Negara Iriana Widodo dan Menteri Luar Negeri AH Mahmood Ali, turut hadir pada saat itu.

Mereka berinteraksi dengan sejumlah anak-anak dan perempuan Rohingya dan mendengarkan kisah-kisah mengerikan tentang siksaan yang mereka hadapi.

Sebelumnya, presiden Indonesia mengulangi pernyataan dukungan negaranya untuk mengembalikan orang-orang terlantar yang selamat dan bermartabat ke Rakhine.

Jokowi juga menyatakan apresiasi kepada Perdana Menteri Sheikh Hasina karena melindungi lebih dari satu juta orang terlantar dari Negara Bagian Rakhine.

Tidak hanya itu, Perdana Menteri Sheikh Hasina pun menghargai peran pendukung Indonesia, termasuk bantuan kemanusiaan bagi orang-orang terlantar yang terlindung di Bangladesh. (Vina)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here