Jokowi: Kita Sudah Mampu Menekan Angka Kematian Covid-19

53
Presiden Jokowi. (Foto: Setneg)

Jakarta, Muslim Obsession – Presiden Joko Widodo menyatakan ucapan syukur bahwa kasus corona di Indonesia akhir-akhir ini terus mengalami penurunan. Hal itu disampaikan Jokowi saat membuka rapat terbatas tentang Covid-19 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (12/10/2020).

“Mengenai data yang saya terima per 11 Oktober, rata-rata kasus aktif Covid di Indonesia ini 19,97 persen. Saya kira bagus. Karena ini lebih rendah dari rata-rata kasus aktif Covid dunia yang mencapai 22,1 persen. Kita lebih baik,” kata Jokowi.

Tidak hanya itu, Jokowi juga menyebut dibanding dengan negara-negara lain, kasus Covid-19 di Indonesia masih lebih baik penanganananya, sehingga dampak yang ditimpulkan tidak terlalu besar.

“Dan juga lebih baik dari rata-rata kasus aktif, kalau kita lihat di 27 September 2020 yang lalu yang mencapai 22,46 persen. Jadi penurunannya kelihatan sekali. Dari 22,46 persen menjadi 19,97 persen,” kata dia.

Jokowi turut mengapresiasi meningkatnya angka kesembuhan pasien Covid-19 di Indonesia. Ia mengatakan, rata-rata kesembuhan pasien Covid-19 di Indonesia mencapai 76,48 persen.

Angka itu lebih tinggi dari rata-rata kesembuhan Covid-19 di dunia yakni mencapai 75,03 persen. Ia pun meminta angka kesembuhan pasien Covid-19 terus ditingkatkan lewat peningkatan standar pengobatan di rumah sakit, ruang ICU, dan tempat-tempat isolasi.

“Dan kita juga sudah bisa menekan angka rata-rata kematian. Meski masih di atas dunia. Di 3,55 persen. Ini lebih baik dibandingkan dua minggu yang lalu yang berada di angka 3,77 persen,” ujar Jokowi.

“Namun, masih lebih tinggi sekali lagi dari rata-rata kematian dunia yang berada di angka 2,88 persen. Ini saya kira tugas besar kita ada di sini. Bagaimana angka rata-rata kematian bisa ditekan terus,” kata dia. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here