Jokowi Janji Relokasi Semua Rumah Korban Erupsi Semeru

106

Jakarta, Muslim Obsession – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji akan membantu relokasi rumah warga yang terdampak akibat erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur. Jokowi sudah mendapat laporan kurang lebih ada 2.000-an rumah yang harus direlokasi.

“Ini segera akan kita putuskan di mana relokasinya dan saat itu juga akan segera kita bangun. Saya kira semua sudah siap,” kata Jokowi saat meninjau lokasi dampak erupsi, di Lumajang, Selasa, (7/12/2021).

Dalam tinjauannya, Jokowi juga melihat sejumlah infrastruktur yang rusak. Termasuk, melihat kondisi warga dan mencari korban yang belum ditemukan.

“Kita lihat untuk rencana perbaikan infrastruktur yang rusak akibat letusan Gunung Semeru,” kata Jokowi.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi menyampaikan duka cita mendalam atas korban jiwa yang meninggal dunia akibat erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Jokowi menyampaikan itu atas nama kepala negara dan mewakili seluruh rakyat Indonesia.

“Pertama- tama atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya korban akibat letusan gunung Semeru,” kata Jokowi saat melihat situasi pasca-erupsi yang ditemani Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Sementara itu, warga bernama Jinta (36 tahun), yang menjadi salah satu korban erupsi Gunung Semeru, pada Sabtu, 4 Desember 2021, kemarin, mengaku trauma dengan peristiwa erupsi Semeru ini.

Bahkan, dia menyatakan siap direlokasi andai pemerintah memberikan opsi itu kepada warga terdampak.

“Rumah saya menghadap langsung ke arah Gunung Semeru. Dulu, lahar dingin sebelumnya gak sampai seperti ini. Kalau ada relokasi saya mau, saya tidak berani kembali ke rumah,” ujarnya. (Albar)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here