Jokowi: Hati-Hati China-Amerika Semakin Memanas

103
Presiden Jokowi. (Foto: Setneg)

Jakarta, Muslim Obsession – Presiden Joko Widodo menyebutkan, pandemi virus corona Covid-19 saat ini isunya sudah tidak lagi bicara kesehatan, tapi juga sudah berimbas terhadap isu politik yang melibatkan banyak negara.

Salah satunya yakni hubungan dua negara superpower Amerika Serikat dan China yang makin memanas. Hal ini disampaikan Jokowi saat memberikan pengarahan kepada peserta Program Kegiatan Bersama Kejuangan 2020.

“Hati-hati, ini sudah berimbas ke geopolitik global. Ini semuanya harus tahu, Laut China Selatan memanas, China-Amerika semakin memanas,” ujar Jokowi.

Jokowi awalnya memaparkan pertumbuhan ekonomi global yang diprediksi akan minus akibat pandemi. Jokowi bergarap semua pihak bisa mengambil momentum tersebut agar perekonomian tak terpuruk.

“Tentu kita akan terus berjuang menyelesaikan masalah Covid-19 dan masalah ekonomi yang terjadi di negara kita, tapi momentum ini harus kita ambil, harus kita ambil,” katanya.

Jokowi menilai salah satu cara untuk meningkatkan perekonomian adalah dengan menyederhanakan peraturan dan prosedur yang selama ini berbelit-belit.

Ia menilai, upaya penyelesaian kerap terhambat karena banyaknya prosedur dan peraturan. Padahal, pada kondisi pandemi ini, negara yang berhasil menyelesaikan persoalan dengan cepat adalah pemenangnya.

“Semuanya memang harus kita ubah semuanya, terlalu banyak peraturan yang membelenggu kita sendiri,” kata dia.

Jokowi pun meminta TNI-Polri terlibat untuk menangani persoalan Covid-19 ini. Ia berharap para perwira TNI-Polri yang tengah menempuh pendidikan itu dapat memberikan ide-ide baru agar persoalan lebih cepat terselesaikan.

“Saya meminta kepada saudara-saudara, para peserta Sesko, Sespimti, Sespimmen, berani memberi nuansa baru yang berbeda. Memberikan pemikiran baru yang berbeda, menuntun dan menemukan cara baru lebih cepat,” ujar dia. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here