Jokowi Harapkan UIII Jadi Pusat Kajian dan Penelitian Peradaban Islam

164
Peletakan batu pertama pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) oleh Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla pada Selasa (5/6/2018).

Jakarta, Muslim Obsession – Presiden Joko Widodo berharap Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) menjadi pusat kajian dan penelitian peradaban Islam di Indonesia.

“Saya berharap UIII kelak menjadi kampus masa depan bagi kajian dan penelitian peradaban Islam di Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia,” tutur Jokowi di akun Facebooknya, Senin (2/12/2019).

Presiden mengatakan, kampus UIII yang tengah dibangun di kawasan Kompleks RRI Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat, ini merupakan Proyek Strategis Nasional yang diharapkan selesai bulan Desember 2020.

“Kampus UIII dibangun dalam dua tahap dengan biaya Rp1,2 triliun,” imbuhnya.

Ia menjelaskan dua kementerian berbagi tugas. Kementerian Agama membangun gedung rektorat, gedung fakultas dan plaza.

Sementara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun rumah dosen, masjid kampus seluas 5.200 m2, perpustakaan delapan lantai seluas 16.556 m2, serta asrama mahasiswa delapan lantai seluas 12.815 m2 dan lain-lain.

Adapun infrastruktur kawasan dan pagar kelilingnya dikerjakan oleh sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yakni Brantas Abipraya.

Bangunan Kampus UIII hanya memanfaatkan 20-30 persen dari total luas komplek. Sisanya akan menjadi ruang hijau berupa taman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here