Jokowi Beli Sapi Kurban Seharga Rp87 Juta dari Warga Bantul

114

Bantul, Muslim Obsession – Mendekati perayaan Hari Raya Idul Fitri, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memesan sapi ukuran jumbo untuk dikurbankan. Jokowi membeli sapi ukuran jumbo dari Kabupaten Bantul seharga Rp87 Juta dengan berat 1,1 ton.

Sapi kurban jenis simmental usia 3,5 tahun itu dibeli Jokowi dari peternak asal Dusun Karangasem, Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Bantul, Yogyakarta. Oleh pemiliknya sapi itu diberi nama Gombloh. Sapi ini berhasil mengalahkan dua pesaingnya dalam kontes.

Setelah Gombloh dipilih menjadi hewan kurban presiden, Rika Duru Effendi pemiliki sapi Gombloh itu mengaku sempat dihubungi pihak Sekretariat Negara untuk negosiasi harga.

“Sampai pada angka Rp87 juta dan akan dibayar cash,” katanya, Rabu (8/7/2020).

Adapun dua sapi lainnya yang masuk nominasi tersebut adalah sapi dari Kecamatan Pajangan, dan Desa Wonokromo, Kecamatan Pleret, Bantul.

Hasil Kontes

Rika Daru Efendi mengaku tidak pernah menyangka jika sapi peliharaannya masuk dalam nominasi bahkan terpilih menjadi hewan kurban Presiden Jokowi. Sebab Gombloh sempat meraih posisi kelima pada kontes sapi di Grabag, Magelang, Jawa Tengah, belum lama ini.

“Selain itu, dia juga beberapa kali ikut kontes lainnya,” katanya.

Seusai mengikuti kontes sebelumnya, seorang mantri hewan sempat mengajukan Gombloh sebagai kandidat hewan kurban presiden. Alhasil, jalan mulus didapatkan Gombloh. Meski bersaing dengan banyak sapi, tetapi Gombloh akhirnya terpilih sebagai hewan kurban Presiden Jokowi.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DPPKP Bantul Joko Waluyo mengatakan, Gombloh terpilih setelah dua sapi lainnya di Bantul yang masuk nominasi kalah dalam berat badan.

“Selain itu setelah dicek oleh teman-teman Balai Besar Veteriner Wates, sapi yang di Sedayu itu yang lolos. Soal mau dipotong di mana kami tidak tahu, yang jelas Presiden Jokowi sudah membeli sapi dari Bantul satu ekor,” katanya. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here