JK Sebut 85 Persen Generasi Milenial Ingin Tingkatkan Agamanya

322
Wapres Jusuf Kalla dilepas Menko Polhukam Wiranto, Menko Matirim Luhut Pandjaitan dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat akan melakukan kunjungan kerja ke Afghanistan, di Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (27/2/2018). Wapres Jusuf Kalla mengunjungi Afghanistan dalam rangka Konferensi Perdamaian Kabul. (Photo: Tim Media Wapres)

Jakarta, Muslim Obsession – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) membuka rapat koordinasi nasional (rakornas) Pengurus Pusat (PP) Muslimat Nahdlatul Ulama di Hotel Century, Jakarta Pusat, Ahad (27/1/2019) malam.

Dalam sambutannya, JK menyebut ada 85 persen generasi milenial yang ingin meningkatkan pengetahuan agamanya. Meski tak menyebut sumber data itu secara rinci, JK menilai angka itu menunjukkan bahwa ada perubahan yang cukup signifikan terkait perkembangan agama di masyarakat.

“Dari penelitian memang luar biasa tingkat keagamaan akhir-akhir ini. Saya baca di suatu acara, 85 persen milenial ingin tingkatkan agama,” katanya, Ahad (27/1/2019).

Selain generasi milenial, kata JK, perkembangan di bidang agama juga berpengaruh di kalangan ‘ibu-ibu’. Dari hasil Tim Penilaian Akhir, JK mengatakan ada sekitar 85 persen pejabat eselon I perempuan yang mengenakan jilbab.

“Pejabat tinggi (pakai jilbab) itu luar biasa,” tukasnya.

Perkembangan agama ini juga terlihat dari bertambahnya jumlah masjid di Indonesia. Sebagai Ketua Dewan Masjid Indonesia, JK menyebut ada sekitar 800 ribu masjid yang saat ini tersebar di berbagai daerah. Namun jumlah itu tak pasti sebab data Kementerian Agama menyebut ada sekitar 1 juta masjid di Indonesia.

“Sekarang ini angka masjid di Indonesia cuma Allah yang tahu. Saya Ketua DMI juga tidak tahu,” tuturnya.

JK mengatakan, bertambahnya jumlah masjid ini tak lepas dari pelaksanaan ibadah salat yang saat ini bisa dilakukan di mana saja. Tak hanya di kantor namun juga mal yang menjadi pusat perbelanjaan.

“Ini kemajuan luar biasa sehingga banyak dibutuhkan tokoh, mubaligh, kiai untuk membina (masjid) yang begitu banyak,” ucapnya. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here