JK Minta Muhammadiyah dan NU Jaga Kerukunan dengan Semangat Kebangsaan

284
Wakil Presiden Jusuf Kalla (Foto: Katadata)

Jakarta, Muslim Obsession – Wakil Presiden RI Jusuf Kalla meminta kepada dua organisasi Islam (Ormas) terbesar di Indonesia, Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama untuk tetap menjaga kerukunan, hidup dengan semangat kebangsaan.

“Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama telah lama menjaga toleransi, dan harus dijaga. Bisa hidup berdampingan dengan agama lain, Katolik, Kristen, dan lainnya hidup berdampingan dengan kebangsaan,” kata JK dalam Festival Kebangsaan II 2019 di Universitas Muhammadiyah Malang, Sabtu (6/4/2019).

JK mengatakan, dirinya bangga melihat wanita berjilbab dan suster duduk berdampingan di Festival Kebangsaan II di UMM. Menurutnya, gambaran ini menjadi bukti bahwa nilai kebangsaan yang dibalut dengan persaudaraan telah kuat mengakar di kultur masyarakat Indonesia.

“Saya melihat penuh dengan persaudaraan, keragaman, di tempat ini. Saya melihat banyak ibu-ibu suster yang hadir di sini dari Katolik, tentu memberikan gambaran bagaimana kerja sama yang baik, dua-duanya berjilbab, cuma sedikit beda saja,” ujarnya.

JK menuturkan, dengan semangat kebersamaan inilah bangsa Indonesia bisa menjadi bangsa yang besar. Sebab, Indonesia terdiri dari berbagai macam suku bangsa, agama, dan kebudayaan. Semuanya bisa disatukan dengan semangat kebangsaan dan kebersamaan. (Vina)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here