Jimly Asshiddiqie: RUU HIP Perluas Konflik dan Perpecahan

189
Jimly Asshiddiqie
Jimly Asshiddiqie (Photo: Kabar24)

Jakarta, Muslim Obsession – Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie menilai RUU Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) hanya memperluas konflik dan perpecahan.

Ia pun mengimbau agar semua pihak untuk berdialog guna mencari solusi.

“RUU HIP perluas konflik dan perpecahan. Atas nama Ketum ICMI kami imbau pimpinan semua parpol dan presiden untuk ambil inisiatif, dialog, mulai dengan cabut resmi RUU HIP dari Prolegnas 2020,” tulis Jimly lewat akun Twitter-nya @JimlyAs, Ahad (28/6/2020).

Jimly juga mendesak agar para tokoh tersebut tidak menggunakan ideologi perang dan teologi permusuhan, termasuk peralat hukum pidana untuk menang-kalah.

Sebelumnya di akun yang sama, Jimly meminta kesadaran partai-partai politik untuk mencabut kembali RUU HIP dari Prolegnas 2020.

“Agar tenang dulu, sebaiknya kita dukung kesadaran parpol-parpol sendiri untuk cabut kembali RUU HIP dari prolegnas prioritas tahun 2020. Nanti kalo sudah agak tenang, baru bicarakan lagi setelah naskah RUU diperbaiki dulu. Jangan utak-atik rumusan Pancasilanya, tapi cukup atur pelaksanaan pembinaannya,” cuitnya. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here