Jerman Mulai Terapkan Pendidikan Agama Islam

486
Muslim di Jerman (The Washington Post)

Dortmund, Muslim Obsession – Ratusan sekolah di Jerman telah membuka kelas agama Islam, baik di tingkat dasar maupun menengah. Pemerintah setempat menganggap pelajaran Islam perlu diajarkan kepada para siswa.

Kelas agama Islam yang dimulai tahun 2000 ini sudah tersebar di 800 sekolah. Meski menjadi mata pelajaran pilihan, kelas ini sudah tersebar di enam belas negara bagian Jerman. Kelas ini membahas tentang Alquran, sejarah Islam, perbandingan agama dan etika keislaman.

Anggota parlemen dari Partai Sosial Demokrat, Kerstin Griese menyatakan bahwa Jerman membutuhkan lebih banyak pendidikan agama, “pendidikan agama adalah satu-satunya cara untuk memulai dialog tentang tradisi dan nilai-niai yang kita anut, serta memahami tradisi orang lain,” ujarnya seperti dikutip The Washington Post, Selasa (6/11/2018).

Saat ini sebanyak 54 ribu siswa telah menerima pelajaran agama Islam. Jumlah tersebut diperkirakan akan terus meningkat. Kantor Federal untuk Migrasi dan Pengungsi memetakan potensi siswa yang tertarik mengikuti kelas Islam sejumlah 580 ribu.

Tujuan utama dari kelas-kelas Islam adalah mencegah radikalisme. Seperti diketahui, sejak 2013, lebih dari 1.000 orang meninggalkan Jerman untuk bergabung dengan ISIS dan organisasi teroris lainnya, sebagian besar dari mereka berusia di bawah 30 tahun.

Rauf Ceylan, profesor studi Islam kontemporer di Universitas Osnabrück mengatakan bahwa permintaan untuk pelajaran agama Islam sangat tinggi, “Jerman memiliki tiga pilar pendidikan agama, yaitu keluarga, masyarakat (gereja atau masjid) dan sekolah. Sekolah akan mendidik siswa tentang kedewasaan beragama. Pelajaran agama dimaksudkan sebagai pelengkap sistem pendidikan,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here