Jepang Setop Penggunaan 1,6 Juta Dosis Vaksin Moderna, Kenapa?

97
Vaksin (Foto: About Islam)

Muslim Obsession – Jepang pada Kamis (26/8/2021) menangguhkan penggunaan sekitar 1,6 juta dosis vaksin Moderna karena kontaminasi zat asing.

Keputusan itu diambil sebagai tindakan pencegahan setelah Kementerian Kesehatan mendeteksi “zat asing” dalam botol vaksin Moderna.

“Moderna juga sedang melakukan investigasi atas zat asing tersebut,” terang Katsunobu Kato, juru bicara pemerintah Jepang, dalam konferensi pers, seperti dilansir Anadolu.

Menurut Kementerian Kesehatan, sekitar 1,6 juta dosis vaksin “diproduksi di jalur produksi yang sama dalam periode waktu yang sama di Spanyol”.

Kato mengatakan sebagian vaksin yang didistribusikan ke 863 pusat vaksinasi telah digunakan “tetapi sejauh ini belum ada laporan efek samping kesehatan”.

“Jika ada keluhan efek samping, harap segera menghubungi dokter,” tambah dia.

Takeda Pharmaceutical Co., perusahaan Jepang yang bertanggung jawab atas penjualan dan distribusi vaksin di negara itu, mengatakan “belum melihat laporan masalah keamanan”.

Jepang, negara berpenduduk lebih dari 126 juta jiwa, telah memberikan lebih dari 122 juta dosis vaksin Covid-19 sejauh ini, dengan lebih dari 54 juta orang lainnya sudah divaksin penuh.

Total kasus Covid-19 di Jepang saat ini mencapai 1,3 juta, termasuk 15.737 kematian.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here