Jenazah WNI Tenggelam di Jerman Ditangani Secara Islam

382

Jakarta, Muslim Obsession – Kementerian Luar Negeri RI memastikan jenazah Shinta Putri Dina Pertiwi, mahasiswi Indonesia yang tenggelam di Danau Trebgas, Bavaria mendapatkan pemakaman secara Islam di Jerman dan tiba di Jakarta hari ini, Kamis (23/8/2018).

“Hari ini (23/8) pukul 11.35 jenazah sudah tiba di Bandara Soetta dengan penerbangan Thai Airways via Bangkok,” kata Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia, Lalu Muhammad Iqbal Songell, Kamis (23/8/2018).

Shinta ditemukan tewas tenggelam di Danau Trebgas, Badesse, Bavaria, Jerman pada Kamis (9/8/2018). Dia dikabarkan hilang setelah pergi bersama dua rekannya untuk bertamasya ke Danau Trebgas, Rabu (8/8/2018).

Menurut Iqbal, Kemlu RI dan Konsulat Jenderal RI di Franfurt telah membantu proses penanganan jenazah sejak proses pencarian oleh otoritas setempat, otopsi, pemulasaraan secara Islam hingga pemulangan jenazah.

“Jenazah dipulangkan dari Frankfurt ke Jakarta atas biaya Kemlu setelah menerima surat permohonan tertulis dari keluarga,” kata Iqbal.

Selanjutnya, staf Kemlu RI berkoordinasi dengan keluarga untuk penanganan di Bandara dan proses transfer ke Malang.

“Keluarga telah mengatur penerbangan lanjutan ke Malang pada Jumat (24/8/2018) pukul 07.15 dan diperkirakan tiba di Malang pukul 08.45 menggunakan penerbangan Sriwijaya Air,” kata Iqbal.

“Staf Kemlu akan menyerahkan langsung kepada keluarga,” kata dia menambahkan. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here